Logo

Jambore Perlindungan Tanaman Indonesia (JPTI) 2018

Himpunan Proteksi Tanaman (Himasita) merupakan himpunan mahasiswa dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB. Setiap tahunnya, Himasita melaksanakan program tahunan yang mengundang beberapa delegasi dari Universitas-Universitas yang berlatar belakang Pertanian khususnya Hama dan Penyakit Tanaman atau Proteksi Tanaman. Nama kegiatan tahun ini adalah Jambore Perlindungan Tanaman Indonesia (JPTI) 2018 dengan tema “Mengembalikan Kejayaan PHT Kita: Langkah Gemilang Menuju Pertanian Nusantara yang Mandiri, Berdaulat, dan Berkelanjutan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu-Minggu,. Tahun ini yang bertugas menjadi ketua panitia adalah Umar Sadikin Akbar yang merupakan mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman Angkatan 53 (PTN 53). Adapun rangkaiannya yaitu:

  1. Meet and Greet
  2. Perlombaan: LCT, Fotografi, Poster Ilmiah
  3. Pelatihan Stingless bees (Trigona sp.)
  4. Focus Group Discussion on Integrated Pest Management
  5. Seminar Nasional Perlindungan Tanaman
  6. Plant Doctor’s Fun Camp
  7. One Day Trip
  8. EXPO

Pada JPTI 2018 ini, delegasi yang datang berasal dari Univeristas Sumatera Utara (USU), Univeristas Sriwijaya (Unsri), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Universitas Padjajaran (Unpadj), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas lainnya.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan tentang pentingnya perlindungan tanaman dan pertanian berkelanjutan sesuai konsep PHT, mengakrabkan mahasiswa dan petani melalui sharing and learning, membangun kesadaran mahasiswa Proteksi Tanaman atau Hama Penyakit Tanaman mengenai pentingnya membina hubungan baik dengan petani, serta meningkatkan kapasitas semua pihak dalam dunia perlindungan tanaman.

Pelatihan Stingless Bees (Trigona sp.)

Pelatihan pengembangbiakan Trigona sp. (klanceng, bhs jawa; teuwul, bhs sunda) ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Aelefa Departemen Proteksi Tanaman pada hari Jumat, 09 November 2018. Kebun percobaan AELEFA merupakan kepanjangan dari Agro-Ekologi Learning Farm yang dikelola oleh Departemen Proteksi Tanaman. Kebun percobaan tersebut seringkali digunakan untuk pelatihan maupun pertemuan dan pada kesempatan kali ini kebun percobaan ini digunakan untuk pelatihan budidaya stingless bee. Nadzirum Mubin, SP., MSi menjadi narasumber pada pelatihan ini yang merupakan salah satu dosen muda di Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB. Peserta yang hadir sekitar 30 orang yang berasal dari kelompok mahasiswa baik S1 (Departemen/Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman/ Proteksi Tanaman, Agronomi, Kehutanan, Ilmu Komputer, Statistika, dan lainnya yang berasal dari IPB, USU, UB, Unlam, dan IPB), S2 Entomologi, serta Dosen dari Silvikultur IPB.

Pelatihan diadakan dengan materi utama adalah cara tepat pengembangbiakan lebah klanceng  yang mudah diterapkan dikalangan masyarakat. Tujuan pelatihan ini yaitu untuk menambah pengetahuan tentang pemanfaatan lebah tanpa sengat ini baik untuk fungsi penyerbukan maupun digunakan untuk diambil produk lebahnya seperti madu, bee bread, dan propolisnya.

Seminar Nasional Perlindungan Tanaman

Seminar Nasional ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2018 di Gedung Kuliah A Fakultas Pertanian IPB. Seminar nasional disesuaikan dengan tema JPTI 2018 yaitu “Mengembalikan Kejayaan PHT Kita: Langkah Gemilang Menuju Pertanian Nusantara yang Mandiri, Berdaulat, dan Berkelanjutan”.  Seminar ini mengundang pemateri yang memahami tentang Pengendalian Hama Terpadu/PHT yaitu Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, MSc yang merupakan Guru Besar Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB. Selain itu juga mengundang jurnalis senior yaitu Muhammad Akhar, SP., dan Suparyitem yang merupakan Founder KWT Menur.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah pengetahuan mengenai permasalahan terkini Pengendalian Hama Terpadu (PHT) di Pertanian Indonesia. Delegasi, mahasiswa Proteksi Tanaman IPB, dan masyarakat umum

Perlombaan yang diselenggarakan

1. Lomba Cerdas Tepat (LCT)

Lomba ini merupakan salah satu rangkaian dalam acara Jambore Perlindungan Tanaman Indonesia (JPTI) 2018 yang dilaksanakan di Ruang sidang 1 Fakultas pada hari Kamis, 8 November 2018. Perlombaan LCT dilakukan dalam satu hari dengan 3 tahapan (penyisihan, semifinal, dan final). Pemenang dari LCT ini yaitu dari IPB 1, IPB 2, dan UGM 1.

Juara 1: IPB 2 - Ahmad Yusuf Ibrahim, Eva Miftahul K, Nadhifatul R

Juara 2: IPB 1 - Eka Dana K, Ucip Sumantoro, Farhatussolihah

Juara 3: UGM 1 - Riny Rezkiananda, Eka Fitriani, Alfianida Musyarofah

Link: https://www.instagram.com/p/BqG_VKBFCNf/

2. Lomba Fotografi

Lomba ini merupakan salah satu rangkaian dalam acara Jambore Perlindungan Tanaman Indonesia (JPTI) 2018. Perlombaan fotografi dilakukan dengan peserta mengirimkan foto terbaiknya sebelum rangkaian acara JPTI 2018 diadakan, dan selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh dewan juri.

Pemenang Lomba Foto

Juara 1: Rafif Fathan Dienulhaq (IPB)

link: https://www.instagram.com/p/Bpv3KrpFs3V/

Juara 2: Augusman waruwu (USU)

link: https://www.instagram.com/p/BpucAmpAteR/

Best caption: Rafif Fathan Dienulhaq (IPB)

3. Presentasi poster

Presentasi poster ilmiah diadakan dalam satu hari bersamaan dengan Seminar Nasional Perlindungan Tanaman. Tujuan dari perlombaan ini yaitu untuk mengukur kemampuan dan pemahaman setiap delegasi dari universitas berbeda se-Indonesia mengenai Tema Perlombaan JPTI 2018.

Pemenang Lomba Poster Ilmiah
Juara 1 : Nava Karina  (UB)
Juara 2 : Hannung Dwi Khasanah (UGM)
Juara 3 : Cindy Dyah Ayu Fitriana (UB)

link: https://www.instagram.com/p/BqG-9KalPep/

PDF Download