Logo

Beasiswa Kapten 47 Periode ke-4

Akhir November 2018 lalu, Keluarga Alumni Proteksi Tanaman 47 telah menyeleksi penerima Beasiswa Kapten 47 periode ke-4. Program yang sudah berjalan selama 4 semester ini menjaring para mahasiswa yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan baik dalam bentuk biaya UKT maupun biaya hidup bulanan. Sumber dana beasiswa diperoleh dari penghimpunan dana zakat profesi sebesar 2.5% dari total penghasilan bulanan yang dikumulatifkan dan dikelola oleh 25 anggota selama 6 bulan untuk setiap periodenya.

Pendaftar Beasiswa Periode 4 berasal dari mahasiswa S1 Proteksi Tanaman angkatan 53, 54, dan 55 yang ber-UKT maksimum Rp 7.000.000,-. Total pendaftar pada periode ini adalah 21 orang yang diseleksi kelayakan esai dan besaran UKT-nya. Sebanyak 18 orang terpilih dalam seleksi esai dan besaran UKT, lalu dilanjutkan dengan seleksi formulir dan rekomendasi dari 2 orang teman sekelas di angkatan masing-masing.

Pada tahap ini, sebanyak 12 orang telah mengembalikan formulir berikut rekomendasi dari 2 orang temannya. Sementara 6 pendaftar lainnya tidak mengembalikan atau tidak diperkenankan mengembalikan formulir. Beberapa alasannya: 1. Pendaftar telah diterima pada beasiswa lain yang waktu seleksinya lebih awal dari Beasiswa Kapten 47, 2. Pendaftar yang diketahui telah menjadi penerima beasiswa lainnya, dan 3. Pendaftar terlambat memeriksa informasi di email dan pengembalian formulir melewati batas waktu.

Anggota Kapten 47 yang seluruhnya dapat terlibat dalam semua tahapan seleksi diberikan kewenangan untuk mereview esai dan formulir yang masuk. Setelah direview, dibuat sistem perankingan untuk menentukan pendaftar yang paling layak. Hasilnya lalu direkapitulasi dan diumumkan untuk kembali didiskusikan bersama seluruh anggota. Beberapa keputusan yang dihasilkan adalah:

1. Penerima Beasiswa Kapten 47 terdiri dari 8 orang. Sebanyak 4 orang merupakan penerima pada Periode 3 yang masih layak menerima beasiswa, dan 4 orang lainnya adalah penerima baru hasil seleksi Periode 4. Kedelapan mahasiswa tersebut adalah:

a. Beasiswa UKT

  • Wika Gustiah (PTN 53)
  • Afifah Meilani (PTN 54)
  • Andri Saputra (PTN 54)
  • Dinda Oktarina Saputri (PTN 54)
  • Inas Shofura (PTN 55)
  • Puteri Rizky Naafiah (PTN 55)

b. Beasiswa Bulanan

  • Kristoforus Sinyong (PTN 54)
  • Fahira Hanifah (PTN 54)

2. Besaran beasiswa yang diberikan adalah:

a. Rp 1.000.000,- per semester bagi penerima yang ber-UKT Rp 1.000.000,-

b. Rp 2.000.000,- per semester bagi penerima yang ber-UKT Rp 4.000.000,- sampai Rp 7.000.000,-

c. Rp 250.000,- per bulan bagi penerima Beasiswa Bulanan

3. Kapten 47 berkomitmen untuk memberikan Beasiswa UKT dan Beasiswa Bulanan sampai mahasiswa tersebut menyelesaikan semester 8, selama tidak menerima beasiswa dari sumber lainnya.

Kapten 47 senantiasa memohon dukungan dan doa dari civitas akademika Departemen Proteksi Tanaman agar program ini dapat berjalan secara konsisten dan memberikan manfaat bagi banyak mahasiswa khususnya yang sedang menimba ilmu untuk menjadi seorang sarjana pertanian.

PDF Download