Logo

Pameran Manekin Cendawan 2018

Rabu 19 Desember 2018, telah dilaksanakan Pameran Manekin Cendawan 2018. Pameran ini merupakan tugas akhir praktikum yang wajib diikuti oleh mahasiswa Proteksi Tanaman angkatan 54 (semester 3). Mahasiswa diarahkan untuk memanfaatkan barang-barang sederhana di sekitar dan merancang manekin bermacam-macam cendawan. Selain untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengenali dan memperkenalkan keragaman cendawan, pameran ini juga dilombakan dengan beberapa kriteria: ketepatan identifikasi spesies cendawan, kelengkapan bagian-bagian cendawan, kemiripan dengan aslinya, dan nilai estetika dari manekin yang dipamerkan.

Pameran ini diikuti oleh 100 mahasiswa yang dibagi ke dalam 28 kelompok. Oleh karena itu, ada 28 manekin yang dipamerkan. Selain memamerkan manekin, kelompok mahasiswa tersebut diminta untuk menjelaskan biologi dan ekologi dari cendawan yang dibuat manekin. Kegiatan ini bermanfaat untuk menambah wawasan para mahasiswa karena manekin yang dibuat tidak dibatasi hanya cendawan-cendawan yang berperan sebagai patogen tumbuhan, tetapi juga cendawan-cendawan lain baik yang bermanfaat untuk manusia (sebagai produk pangan dan obat-obatan) maupun cendawan-cendawan yang berbahaya karena mengandung racun. Pameran ini tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa, asisten praktikum, dan dosen, tetapi juga menarik banyak pengunjung yang sedang melintasi Koridor GKA

Setelah dilakukan penilaian oleh 10 orang juri, diputuskan bahwa pemenang pameran manekin ini adalah kelompok 11 (Andriyani, Mulyadi, dan Kristoforus Sinyong) yang menampilkan morfologi Aspergillus flavus secara komprehensif dengan kombinasi warna yang menarik. Kegiatan ini diakhiri dengan foto para mahasiswa bersama dengan dosen dan asisten praktikum yang menandakan kegiatan praktikum semester ganjil telah selesai dan mahasiswa akan mempersiapkan diri untuk menempuh ujian akhir semester pada awal Januari 2019 nanti.

PDF Download