Logo

Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H dan Peresmian AELEFA

Kamis, 13 Juni 2019. Departemen Proteksi Tanaman mengadakan Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H yang sekaligus peresmian Agroekologi Learning Farm atau dikenal sebagai AELEFA. Acara ini diadakan langsung di joglo AELEFA yang berada di Cikabayan Atas (Cikatas) Kampus IPB Dramaga. Halal Bihala dan peresmian dini dihadiri oleh staf dosen dan staf tenaga pendidik.

Acara dibuka dengan pembukaan oleh MC (Fitrianingrum Kurniawati, M.Si), dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Departemen Proteksi Tanaman Dr. Suryo Wiyono, dalam sela-sela sambutannya, Dr. Suryo menceritakan tentang sejarah dibangunnya Agroekologi Learning Farm (AELEFA), dimana berawal dari kebutuhan akan lahan percobaan untuk mahasiswa melakukan praktikum, lalu PTN mendapatkan tanggung jawab untuk mengurus lahan yang berada di Cikabayan Atas atau lebih dikenal dengan sebutan Cikatas, setelah itu dibangunlah joglo dan bangunan pendukung lainnya, selain itu disiapkan pula petak-petak lahan percobaan yang nantinya akan sangat berguna untuk kepentingan pembelajaran mahasiswa. AELEFA sendiri sudah dioperasikan dan digunakan mahasiswa dari tahun 2017, namun untuk peresmiannya sendiri baru bisa dilaksanakan pada tahun ini, tutur Dr. Suryo.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh perwakilan staf tenaga kependidikan (Agus Sudrajat), dan setelah itu acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Departemen sebagai simbolisisasi peresmian AELEFA, potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Prof. Sjafrida Manuwoto yang merupakan Guru Besar sekaligus sesepuh yang sampai hari ini masih mengabdi di PTN. Potongan tumpeng kedua dan ketiga diberikan secara berturut-turut kepada Prof. Meity S. Sinaga, dan Prof. Aunu Rauf.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan panen kangkung yang disediakan pada lahan percobaan AELEFA.

PDF Download