Logo

Noleech : Inovasi Mahasiswa IPB dalam memanfaatkan batang tembakau menjadi lotion

Lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berasal dari Fakultas Pertanian serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah berhasil membuat inovasi dalam memanfaatkan limbah batang tembakau menjadi lotion. Mereka adalah Juwadi, Ade Buchori, Fajar Gustian Reyzaldi, Yurike Kurnila Prastika, dan Rifany Fairuz Aqilah.

“Lotion ini dapat mencegah serangan pacet, lintah, dan nyamuk. Selain itu lotion ini mengandung bahan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV sehingga sangat cocok bagi pecinta alam dan mahasiswa IPB yang biasa beraktivitas di luar ruangan” kata Juwadi selaku ketua kelompok.

Dukungan yang tinggi dari institusi disampaikan langsung oleh rektor IPB, Arif Satria yang dalam akun instagram pribadinya mengungkapkan rasa bangga karena mahasiswa IPB telah sukses membuat inovasi tersebut.

“ini merupakan karya mahasiswa IPB yang menurut saya sangat bagus sekali” tambah Arif Satria.

Jumlah petani tembakau terbanyak di ASEAN yaitu negara Indonesia dengan jumlah produksi mencapai 198.286 ton. Banyaknya produktivitas daun tembakau tersebut berbanding lurus dengan banyaknya batang tembakau yang menjadi limbah di lahan pertanian.

Jas (2013) menyatakan tembakau mengandung senyawa alkaloida berupa nikotin dan nikotianin. Senyawa alkaloida dapat merusak sistem saraf tangga tali pada permukaan kulit lintah dan pacet. Nikotin merangsang ganglia otonom dan sumbu neuromuskular yang dapat menyebabkan depresensia sistem saraf pusat lintah dan pacet.

Selain produk Noleech sedang diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, saat ini Noleech sudah tersedia di Botani Mart IPB University, dengan harga Rp. 3000,- untuk kemasan sachet dan Rp. 20.000,- untuk kemasan tube.

Noleech juga sedang dilakukan uji sensitifitas di berbagai daerah di Indonesia dan di Jepang. Jepang dipilih karena merupakan negara dengan iklim yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Dengan harapan produk Noleech ini bisa dipasarkan secara internasional.

“Kami akan terus berinovasi dalam mencapai Sustainable Development Goals 2030 di Indonesia dengan berlandaskan pemanfaatan kearifan lokal” tandas Juwadi.

PDF Download