Logo

Student Mobility Program: 10th Summer Research Program 2019

Summer Research Program in Tsukuba merupakan kegiatan international student mobility program yang dilaksanakan oleh Faculty of Medicine dan Faculty of Life and Environmental Sciences, University of Tsukuba, Jepang. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa sarjana maupun pascasarjana dari berbagai universitas di dunia.

10th Summer Research Program 2019 dilaksanakan pada 16-26 Juli 2019 di University of Tsukuba. Kegiatan ini diikuti oleh 42 peserta yang mewakili negara berbeda, meliputi Brazil, Prancis, Jerman, Indonesia, Taiwan, Britania Raya, Jepang, dan Vietnam. Setiap peserta berkesempatan untuk memilih laboratorium dan topik riset yang dapat dilakukan selama kegiatan Summer Research Program. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian di bidang kesehatan, farmasi, pertanian, pangan, dan lingkungan.

Mahasiswa pascasarjana Entomologi IPB, Azru Azhar, terpilih menjadi delegasi IPB University untuk mengikuti kegiatan tersebut. Azru Azhar berkesempatan untuk melakukan riset di laboratorium Applied Entomology and Zoology, Faculty Life and Environmental Science dengan topik riset Plants Odors Help Parasitic Wasp Locate Its Habitat. Hasil riset ini menyampaikan bahwa parasitoid dapat memilih jenis-jenis tanaman sehat tertentu yang sesuai dengan kebutuhannya, baik sex ataupun food location, dari green leaf volatiles (GLVs) yang dihasilkan oleh tanaman. Selama pelaksanaan riset, peserta juga dapat belajar bagaimana melakukan pemeliharaan parasitoid Ascogaster reticulata (Hymenoptera:Braconidae) dan juga inangnya Adoxophyes honmai (Lepidoptera: Tortricidae) serta penggunaan olfactometer empat lengan yang digunakan dalam uji preferensi parasitoid terhadap berbagai jenis tanaman sehat. Seluruh hasil riset peserta 10th Summer Research Program 2019 dipresentasikan pada akhir kegiatan.

Selain melakukan kegiatan riset, pada 10th Summer Research in Tsukuba juga terdapat scientific seminar yang diberikan oleh Prof Satoru Takahashi dan Prof Louis J Irving. Tak hanya itu, pada kegiatan ini peserta juga diberi pelatihan dasar mengenai seni bela diri asli Jepang, yaitu Kendo, Judo, dan Kyudo. Pada akhir minggu, seluruh peserta berkesempatan untuk mengunjungi JAXA Space Centre dan Tsukuba Botanical Garden.

PDF Download