Logo

Workshop Klinik Tanaman: Pengabdian Mahasiswa Pascasarjana IPB University

Forum Mahasiswa Pascasarjana (Forum Wacana) Proteksi Tanaman berkolaborasi dengan Forum Wacana IPB dan BEM Fakultas Ekologi Manusia menyelenggarakan Program Workshop Klinik Tanaman di Desa Sukawening, Kec. Dramaga, Kab. Bogor, Jawa Barat pada tanggal 21-22 September 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Pascasarjana IPB University kepada masyarakat.

Desa Sukawening merupakan desa mitra binaan Forum Wacana IPB Univesity sejak 2017 dengan program pengembangan budidaya edamame organik, desa wisata Sarapala (Panahan Sunda), dan produk olahan edamame. Pada tahun ini (2019) menggandeng Forum Wacana Proteksi Tanaman yang mempunyai program pelayanan Klinik Tanaman untuk hadir dan berbagi bersama petani di desa Sukawening khususnya tentang PHT Edamame. Kegiatan ini juga diisi dengan workshop pembuatan PGPR, pengolahan pupuk kandang, Pembuatan pupuk organik cair, solarisasi tanah, dan pembuatan pestisida nabati.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa IPB terbuka bagi petani dan pemuda tani yang ingin diskusi dan berkonsultasi dengan para ahli pertanian di IPB melalui pintu Klinik Tanaman dan Tani Center IPB University. Kedepannya, kolaborasi antara petani desa sukawening dan mahasiswa Pascasarjana IPB diharapkan terus berlanjut dan menghasilkan impact yang besar bagi pertanian di Desa Sukawening.

PDF Download