Logo

Sidang Promosi (Terbuka) Doktor: P.S Fitopatologi a.n Selamet

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Fitopatologi atas nama Selamet telah melakukan sidang promosi pada tanggal 12 Maret 2020 bertempat di Ruang Sidang 202 Gedung Pascasarjana – IPB University.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dr. Ir. Supramana, M.Si, Prof. Dr. Ir. Meity Suradji Sinaga, M.Sc, Dr. Ir. Ali Nurmansyah, M.Si, dan Dr. Ir. Kikin H. Mutaqin, M.Si. Sdr Selamet menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Ambang Kerusakan dan Kerugian Ekonomi Nematoda Sista Kentang di Indonesia: Studi Kasus di Dataran Tinggi Dieng”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Suwardi sebagai perwakilan Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Ir. Asep Setiawan, M.S, dan Dr. Nurjanah, SP, M.Si. Prof. Dr. Ir. Sri Hendrastuti Hidayat, M.Sc turut hadir sebagai Ketua PS. Fitopatologi, Departemen Proteksi Tanaman-IPB.

Penelitian Sdr Selamet menghasilkan data berupa ambang kerusakan dam kerugian ekonomi yang ditimbulkan oleh patogen tanaman kentang yang selama ini menjadi momok petani, yaitu Nematoda Sista Kentang yang dimana data ini bisa menjadi acuan petani dilapang untuk melakukan pengendalian.

PDF Download