Logo

Selamat atas Terpilihnya Prof. Damayanti Buchori Sebagai Anggota AIPI

Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) merupakan suatu lembaga mandiri yang menghimpun para ilmuwan terkemuka Indonesia. Pada tahun 1956 Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) didirikan sebagai cikal bakal AIPI, dengan tugas membimbing perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, dan memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijakan ilmu pengetahuan. Dalam perkembangannya MIPI beralih fungsi menjadi suatu lembaga penelitian, dan disatukan dengan Lembaga Riset Nasional sebagai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 1967.

Anggota AIPI, adalah ilmuwan terkemuka Indonesia yang dipilih berdasarkan rekam-jejak keunggulan ilmiahnya, menurut ketentuan Undang-Undang pendirian AIPI. Keanggotaan AIPI merupakan pengakuan kehormatan tertinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Pertama kali, Anggota AIPI dipilih oleh Menteri Riset dan Teknologi (B.J. Habibie), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Fuad Hasan) and Ketua LIPI (Samaun Samadikun) saat itu. Setelah itu, Anggota baru dipilih oleh Sidang Paripurna AIPI dari calon-calon yang diusulkan, diangkat apabila disetujui sedikitnya dua-pertiga anggota, dan disahkan oleh Presiden RI

Tahun 2020 ini merupakan sejarah untuk Departemen Proteksi Tanaman dan Fakultas Pertanian dimana Prof. Dr. Damayanti Buchori, M.Sc menjadi dosen pertama yang menjadi anggota AIPI, untuk prestasinya yang sangat membanggakan ini kami civitas akademika Departemen Proteksi Tanaman mengucapkan selamat dan semoga ilmunya membuat Indonesia semakin jaya.