Logo

Departemen Proteksi Tanaman dan PEI Menggelar Pelatihan Identifikasi Serangga Kutukebul

Sabtu 13 Februari 2021, Museum Serangga “Soemartono Sosromarsono” Departemen Proteksi Tanaman dan Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) menggelar pelatihan Identifikasi Serangga Hama Kutukebul (Bemisia tabaci). Pelatihan ini dilaksanakan secara online menggunakan Zoom Meeting dan hidari dari kalangan akademisi, praktisi, dan kalangan umum.

Pelatihan ini diisi oleh dosen ahli di bidang taksonomi serangga Departemen Proteksi Tanaman yang sekaligus anggota aktif PEI yaitu Dr. Purnama Hidayat, Dr. Nina Maryana dan Dr. Dewi Sartiami. Materi yang disampaikan yaitu pengenalan taksonomi, biologi maupun perilaku dari Kutukebul, tata cara pengambilan dan penanganan Kutukebul, cara pembuatan preparat mikroskop, pengenalan kunci identifikasi Kutukebul dengan kunci dikotomus dan multi akses/interaktif.

Kutukebul sendiri adalah salah satu serangga pengganggu atau hama tanaman. Selain menjadi hama,  Kutukebul juga adalah vektor virus tanaman yang menyebabkan tanaman mengerdil, daun berwarna kuning dan keriting yang mengakibatkan fisiologis tanaman menjadi terganggu dan menurun produktivitasnya. “Kutukebul berukuran kecil (0.8-1.0 milimeter), berwarna putih dan seringkali diselimuti oleh benang-benang halus yang terbuat oleh lilin. Karena ukurannya relatif kecil serta peranannya menjadi hama di pertanaman. Kutukebul diketahui mempunyai inang (hostplant) sebanyak 65 famili dari 179 spesies tanaman, baik tanaman hortikultura (58%), gulma (16%), perkebunan (11%), kehutanan (8%) serta tanaman pangan (6%),” ujar Dr. Purnama Hidayat.