Logo

Webinar PTN 05: Pengelolaan Nematoda Parasit Tumbuhan yang Berkelanjutan

“Prinsip pengelolaan nematoda parasit tumbuhan terdiri dari tiga aspek, yaitu Penekanan inokulum, Memperlambat laju infeksi, dan yang terakhir ada Meningkatkan kesehatan tanaman dan daya dukung agroekosistem” hal ini disampaikan oleh Dr. Ir. Abdul Munif, M.Sc.Agr dalam Webinar PTN 05: Pengelolaan Nematoda Parasit Tumbuhan yang Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Departemen Proteksi Tanaman (PTN), Fakultas Pertanian – IPB University pada Senin, 2 Agustus 2021 via Zoom meeting dan disiarkan langsung pada kanal youtube Departemen Proteksi Tanaman – IPB University.

Pakar yang menjadi pembicara pada Webinar PTN 05 ini merupakan ahli pada bidang nematoda parasit tumbuhan, yaitu Dr. Ir. Abdul Munif, M.Sc.Agr merupakan staf dosen Departemen Proteksi Tanaman membawakan materi yang berjudul “Prinsip-prinsip pengelolaan nematoda parasit yang berkelanjutan: studi kasus pada lada”. Pembicara kedua adalah Dr. Tuminem, SP, M.Si adalah staf Direktorat perlindungan tanaman pangan, Kementerian Pertanian – RI sekaligus meupakan alumni Program doktor PS Fitopatologi IPB yang membawakan materi berjudul “Pengelolaan nematoda parasit secara terpadu pada umbi-umbian: studi kasus di Papua Barat”. Pembicara ketiga adalah Ankardiansyah Pandu Pradana, SP, M.Si yang meruapaka staf dosen Program studi Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian – Universitas Jember sekaligus meupakan alumni Program magister PS Fitopatologi IPB yang membawakan materi berjudul “Pemanfaatan bakteri endofit untuk pengelolaan nematoda parasit pada kopi dan hortikultura”

Seluruh materi Webinar PTN 05: Pengelolaan Nematoda Parasit Tumbuhan yang Berkelanjutan dapat di download DISINI, untuk versi lengkapnya dari dapat dilihat pada video dibawah:

#PTNkeren #DokterTanamanIPB #NematodaParasitTanaman #IPBUniversity