Logo

IPB Hadirkan Pakar Kenalkan Interaksi Endosimbion Serangga dengan Virus Tanaman (Kumparan)

Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB University mengundang Dr Susanti M Lestari dari Kyungpook National University, Korea Selatan pada Guest Lecture Series, 25/2. Dalam kesempatan ini, Dr Susanti menyampaikan tentang Insect Endosymbiont and Plant Virus Interaction.

Dalam kesempatan ini, Dr Susanti menyampaikan bahwa hampir seluruh serangga berasosiasi dengan bakteri endosimbiotik melalui hubungan simbiosis, baik mutualisme maupun parasitisme. Ia menerangkan bahwa endosimbion mampu memanipulasi serangga inang dan virus tanaman.

“Salah satu peran endosimbion adalah melindungi virus tanaman dari degradasi selama berada di dalam tubuh serangga pada proses transmisi melalui sebuah protein yang disebut GroEl,” kata Dr Susanti.

Ia melanjutkan, beberapa penelitian telah membuktikan keefektifan endosimbion terhadap virus tanaman. Salah satunya adalah keberhasilan transfer endosimbion Wolbachia pada hama wereng coklat. Endosimbion tersebut berperan dalam menghambat infeksi maupun transmisi Rice Ragged Stunt Virus (RRSV) serta mengurangi gejala virus pada tanaman padi.

“Strategi lainnya adalah dengan menghentikan produksi protein GroEl pada bakteri melalui gene editing,” tambah Dr Susanti.

Melihat peran besar endosimbion dalam mempengaruhi serangga inang dan virus tanaman, pengendalian virus tanaman melalui endosimbion menjadi peluang yang sangat prospektif pada saat ini dan waktu yang akan datang. (*)

*Berita ini terbit pada kumparan.com