Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Ariny Prasetya

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Fitopatologi atas nama Ariny Prasetya telah melakukan sidang promosi pada tanggal 18 Agustus 2017 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Pertanian – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dr. Giyanto, Dr. Kikin h. Mutaqin dan Prof. Dr. Meity S. Sinaga. Sdr Ariny Prasetya menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Fotiplasma Patogen Legum, Kaktus, Bambu, dan Rumput: Pengembangan Teknik Deteksi dan Keragaman Molekuler”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Eliza Suryati Rusli yang merupakan Kepala Balai Besar Karantina Soekarno-Hatta – Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian-RI dan Prof. Dr. Sri Hendrastuti hidayat yang merupakan Ketua PS. Fitopatologi, Departemen Proteksi Tanaman-IPB.

Penelitian Sdr Ariny Prasetya berhasil mengidentifikasi inang baru yang berasosiasi dengan fitoplasma, yaitu bambu tali (Gigantochloa apus) dan rumput digitaria (Digitaria fuscencens). Fitoplasma yang berasosiasi dengan kedua inang tersebut memiliki tingkat kedekatan tertinggi dengan anggota grup fitoplasma 16SrXIV. Teknik deteksi fitoplasma berbasis PCR, yaitu nested-PCR terbukti sebagai teknim deteksi yang paling sensitif; sedangkan realtime PCR memiliki potensi sebagai metode cepat deteksi fitoplasma dari jaringan tanaman.

Sdr Ariny Prasetya akan kembali bertugas di Balai Besar Karantina Pertian Soekarno-Hatta setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.