Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Ihsan Nurkomar

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Ihsan Nurkomar telah melakukan sidang promosi pada tanggal 29 Agustus 2017 bertempat di Ruang Sidang Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Prof. Damayanti Buchori, Prof. Syafrida Manuwoto, dan Dr. Pudjianto. Sdr Ihsan Nurkomar menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Tritrophic interaction between cucumber plant - Diaphania indica Saunders (Lepidoptera: Crambidae)  - Apanteles taragamae Viereck (Hymenoptera: Braconidae)”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. I Made Samudra yang merupakan peneliti dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) dan Prof. Dr. Dadang (staff pengajar di Program Studi Entomologi, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB), sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Idham S. Harahap.

Penelitian Sdr Ihsan Nurkomar menjelaskan interaksi tiga trofik antara tanaman mentimun, ulat (hama) Diaphania indica, dan parasitoid (musuh alami) Apanteles taragamae. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangan Diaphania pada tanaman mentimun menyebabkan tanaman melepaskan senyawa kimia bermanfaat bagi parasitoid untuk menemukan inangnya. Kemampuan pencarian inang Apanteles yang efektif ini didukung oleh karakteristik biologi Apanteles itu sendiri meliputi siklus hidup, fekunditas, dan nisbah kelamin. Penelitian ini juga membuktikan kaitan antara teori nisbah kelamin 1:1 (Fisherian sex ratio theory) dan teori nisbah kelamin bias betina (Hamiltonian sex ratio theory) pada Apanteles taragamae.

Sdr Ihsan Nurkomar merupakan mahasiswa doktoral pertama yang lulus dari Program Studi Entomologi melalui program Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch pertama dari Kementrian Ristekdikti. Sdr Ihsan Nurkomar juga tercatat sebagai salah satu lulusan program doktoral termuda IPB yaitu 26 tahun.