Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Arinana

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Arinana telah melakukan sidang promosi pada tanggal 29 Agustus 2017 bertempat di Ruang Sidang Silva Lt. 1, Fakultas Kehutanan – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Prof. Aunu Rauf, Prof. Dodi Nandika, Dr. Idham Sakti Harahap, dan Dr. I Made Sumertajaya. Sdr Arinana menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Prediksi Kelas Bahaya Serangan Rayap Tanah di Provinsi DKI Jakarta Berdasarkan Komposisi Spesies Serta Karakteristik Tanah dan Iklim”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Prof(R). Sulaeman Yusuf yang merupakan Kepala Pusat Penelitian Biomaterial, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Dr. Ali Nurmansyah (staff pengajar di Program Studi Entomologi, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB), sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Pudjianto.

Penelitian Sdr Arinana ini mengidentifikasi keanekaragaman spesies rayap tanah dan mengukur struktur komunitasnya secara geo-spasial di Provinsi DKI Jakarta, kemudian membangun model penduga risiko kelas bahaya serangan rayap berbasis karakteristik tanah, iklim, dan spesies rayap.

Sdr Arinana akan kembali bertugas di Departemen Teknologi Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan – IPB sebagai staf pengajar setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.