Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Imas Aisyah

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Fitopatologi atas nama Imas AIsyah telah melakukan sidang promosi pada tanggal 13 Oktober 2017 bertempat di Ruang Sidang 202 Lt. 2 Gedung Sekolah Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dr. Giyanto, Prof. Dr. Meity S. Sinaga, Dr. Abdjad Asih Nawangsih, dan Prof(R). Dr. Gustan Pai. Sdr Imas Aisyah menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Pemanfaatan Asap Cair untuk Pengendalian Penyakit Darah (Blood Disease Bacterium) pada Pisang Kepok Kuning”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Dwi Iswari yang merupakan Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian-RI, Dr. Kikin H. Mutaqin yang merupakan Staf pengajar Program Studi Fitopatologi dan Prof. Dr. Sri Hendrastuti hidayat yang merupakan Ketua PS. Fitopatologi, Departemen Proteksi Tanaman-IPB.

Penelitian Sdr Imas Aisyah berhasil mengolah limah tempurung kelapa, buah pinus, dan pelepah kelapa sawit dengan teknik pirolisi dan asap cair yang dihasilkan dari pengolahan limbah tersebut dapat digunakan sebagai bakterisida untuk penanggulangan Penyakit Darah (Blood Disease Bacterium) pada Pisang Kepok Kuning .

Sdr Imas Aisyah akan kembali bertugas di P4TK Pertanian Cianjur setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.

PDF Download