Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Sulaeha

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Sulaeha telah melakukan sidang promosi pada tanggal 29 Januari 2018 bertempat di Ruang Sidang 202 Sekolah Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Prof. Aunu Rauf, Dr. Endang Sri Ratna dan Prof. Purwantiningsih. Sdr Sulaeha menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Studi Lalat Buah Zeugodacus cucurbitae (Coquillett) (Diptera: Tephritidae) dengan Perhatian Utama pada Deteksi Senyawa Kairomon dari Tanaman Inang”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. I Made Samudra yang merupakan ketua Laboratorium Biokimia & Fisiologi Serangga BB Biogen - Balitbangtan, dan Dr. I Wayan Winasa (staff pengajar di Program Studi Entomologi, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB), sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Pudjianto.

Kegiatan penelitian ini meliputi (1) survei kepadatan populasi Z. cucurbitae dan parasitoidnya pada berbagai tanaman inang Cucurbitaceae di berbagai ketinggian tempat di wilayah Bogor, (2) deteksi senyawa penanda kairomon Z. cucurbitae dari tanaman inang Cucurbitaceae, (3) respon olfaktori Z. cucurbitae terhadap senyawa fraksi terpenoid dan senyawa murni turunan terpenoid.

PDF Download