Logo

Seminar Nasional: Menemukan Kembali PHT Kita

Wereng Batang Coklat atau yang petani lebih akrab disebut WBC serta virus tanaman yang ditularkannya merupakan momok yang masih mengincar ketahanan pangan Indonesia, khususnya mengancam persediaan padi nasional. Sejarah terulang, dimana Hama ini mengancam ketahanan pangan indonesia pada masa Orde Baru, tercatat pula dalam sejarah WBC adalah satu-satunya yang memiliki Instruksi Presiden (Inpres), yaitu Inpres No. 3 Tahun 1986. Tahun 2017 lalu serangan WBC kembali mengganas, petani tidak sanggup menahan serangan yang merusak tanaman padi mereka.

Peneliti dan praktisi pertanian sebenarnya sudah memiliki cara yang ampuh untuk menanggulangi serangan ganas WBC, yaitu PHT atau Pengendalian Hama Terpadu, konsep ini juga yang menjadi anjuran yang dikeluarkan dalam Inpres No. 3 Tahun 1986, namun entah keenapa konsep PHT ini seolah terlupakan oleh para petani dilapang. Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian – IPB selaku garda terdepan dalam hal masalah WBC ini ingin mengingatkan kembali mengenai konsep PHT ini, maka dari itu pada Kamis, 22 Maret 2018 ini Departemen Proteksi Tanaman, bersama dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia dan Perhimpunan Fitopatologi Indonesia mengadakan Seminar nasional yang bertajut “Menemukan Kembali PHT Kita: Memutus Lingkaran Setan Ledakan Serangan Wereng Coklat dan Virus Padi” bertempat di Auditorium Toyib Hadiwidjaya, Fakultas Pertanian - IPB

Seminar dibuka pada jam 08:30 WIB dan dibuka dengan sambutan ketua panitia acara, yaitu Dr. Ir. Giyanto, M.Si

Sambutan kedua pada seminar nasional ini diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, M.Sc yang merupakan Ketua Perhimpunan Entomologi Indonesia.

Sambutan ketiga diberikan oleh Dr. Ir. Aji Hermawan, M.M yang merupakan ketua dari LPPM-IPB yang juga mewakili Rektor IPB dalam acara ini.

Acara dilanjutkan dengan penuturan materi oleh para pakar yang hadir, pemaparan materi ini dibagi menjadi dua sesi.

Sebelum memasuki sesi satu, acara dilanjutkan dengan memutar video Keynote Speech dari Prof. Dr. Ir. Soemartono Sosromarsono, M.Sc yang bercerita mengenai sejarah lahirnya PHT, berikut penuturan beliau mengenai lahirnya PHT dan Ipres No. 3 Tahun 1986

Pada akhir video Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc memberikan ulasan dan beberapa keterangan yang berkaitan mengenai penuturan Prof. Dr. Ir. Soemartono Sosromarsono, M.Sc.

Sesi Pertama dimulai sesudah keynote speech dari Prof. Dr. Ir. Soemartono Sosromarsono, M.Sc, sesi ini memiliki tema mengenai Hama Wereng Batang Coklat dan Virus Padi dan di modertatori oleh Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, MS.

Pembicara pertama di sesi ini adalah Prof. Dr. Ir. Aunu Rauf, M.Sc yang membawakan materi berjudul Sejarah Wereng Coklat di Indonesia

Pembicara kedua dan ketiga adalah Prof. Dr. Ir. Sri Hendrastuti hidayat, M.Sc  dan Dr. Ir. Sri Sulandari, S.U yang membawakan materi berjudul Penyakit Padi yang Ditularkan oleh Wereng Batang Coklat.

Pembicara keempat adalah Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc yang membawakan materi berjudul Status Serangan WBC.

Keterangan: Kanan-kiri (Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, MS.; Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc; Prof. Dr. Ir. Aunu Rauf, M.S; Prof. Dr. Ir. Sri Hendrastuti hidayat, M.Sc; Dr. Ir. Sri Sulandari, S.U)

Setelah Sesi pertama, acara dilanjutkan dengan sesi kedua, pada sesi ini tema yang diusung adalah Pengelolaan Hama Wereng Batang Coklat dan Virus Padi dan dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS.

Pembicara Pertama yaitu Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, M.Sc yang membawakan materi berjudul Pengendalian Hayati Hama Wereng

Pembicara kedua adalah Dr. Fausiah T. Ladja, SP, M.Si yang membawakan materi berjudul  Pengendalian Penyakit Virus Padi.

Pembicara ketiga adalah Prof. Dr. Ir. Y. Andi Trisyono, MSc. yang membawakan materi yang berjudul Pestisida & Wereng Coklat.

Pembicara keempat adalah Dr. Ir. Gatot Mudjiono yang membawakan materi berjudul Kelembagaan Pengelolaan Hama Penyakit.

Keterangan: Kanan-kiri (Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS.; Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, M.Sc; Dr. Fausiah T. Ladja, SP, M.Si; Prof. Dr. Ir. Y. Andi Trisyono, MSc;  Dr. Ir. Gatot Mudjiono )

Sesi ketiga memiliki format berbeda, yaitu sesi diskusi paralel yang dimana para peserta menusun rekomendasi strategi pengendalian WBC dan Virus Padi di Indonesia, pada sesi ini ada tiga tema besar dan masing-masing tema dibahas pada ruangan berbeda, peserta memilih untuk mengikuti tema yang diinginkan. Tiga tema itu adalah Peran pemerintah dalam pengelolaan ledakan hama wereng coklat & virus padi (Moderator: Ir. Sarsito W. Gaib Subroto, MM), Peran industri saprotan dalam pengelolaan ledakan hama wereng coklat & virus padi (Moderator: Ir. Nandang M Kholil), dan Perkembangan penelitian hama wereng coklat dan virus padi di Indonesia (Moderator: Dr. Martua Suhunan Sianipar).

Setelah sesi diskusi paralel berakhir, seluruh peserta kembali ke gedung utama untuk pemaparan rangkuman hasil diskusi yang dibawakan oleh Dr. Ir. Suryo Wiyono, M.Sc.Agr

Seminar nasional diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada pembicara dan sponsor dan ditutup dengan sambutan oleh Sekjen Perhimpunan Fitopatologi Indonesia Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M.Sc dan Foto Bersama

PDF Download