Logo

UKPHT Training: Mass Rearing of Parasitoid

Indonesia merupakan salah satu negara dengan produktivitas singkong yang cukup besar. Akan tetapi, fenomena munculnya hama invasif kutu pink (pink mealybug) Phenacoccus manihoti (Hemiptera: Pseudococcidae) di Indonesia menyebabkan kerugian yang cukup besar pada pertanaman singkong. Serangan kutu pink tersebut akan mengalami populasi yang tinggi dan menyebabkan keparahan serangan pada saat musim kemarau hingga menyebabkan pucuk tanaman singkong gundul.

Selain di Indonesia, negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, dan Vietnam juga mempunyai produktivitas singkong cukup tinggi. Akan tetapi, di beberapa Negara seperti Vietnam, pertanaman singkong mengalami permasalahan yang cukup tinggi akibat serangan kutu pink ini. Pertanaman singkong di Vietnam menjadi masalah sejak tahun 2012 karena adanya infestasi hama ini dari Kamboja.

Eskplorasi musuh alami kutu pink memberikan hasil yang cukup baik. Parasitoid Anagyrus lopezi merupakan salah satu musuh alami yang potensinya cukup besar dalam menurunkan populasi kutu pink singkong. Plant Protection Research Institute (PPRI) Vietnam bekerjasama dengan Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB untuk melakukan riset bersama terkait cara pengembangan produksi musuh alami yang dapat mengendalikan hama kutu pink pada singkong tersebut.

Terdapat lima peserta training ini yang berasal dari PPRI Vietnam, diantaranya yaitu Dr. Nguyen Van Lieu, Le Van Cuu, Dr. Nguyen Thi Thuy, Nguyen Thi Mai Luong, dan Pham Văn Son.

Bentuk training yang diselenggerakan terdiri dari kunjungan dan diskusi laboratorium, kuliah umum, dan kunjungan lapang. Peserta mengunjungi kurang lebih empat laboratorium dan satu unit (museum serangga) di lingkungan Departemen Proteksi Tanaman. Salah satu perwakilan peserta juga diberikan kesempatan untuk memberikan kuliah umum yang dihadiri civitas akademik baik staf pengajar, pranata laboratorium dan mahasiswa khususnya di lingkungan Departemen Proteksi Tanaman. Peserta melakukan kunjungan lapang ke perkebunan singkong di daerah Cimahpar Bogor untuk melihat langsung kondisi pertanaman, teknik budidaya dan pegelolaan hama dan penyakit.

Kegiatan Training diselenggarakan pada 5-14 Agustus 2018 di Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB. Dengan susunan trainer sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Ir. Aunu Rauf, MSc
  2. Dr. Ir. Pudjianto, MSi
  3. Dr. Ir. Purnama Hidayat, MSc
  4. Dr. Ir. Widodo, MS
  5. Dr. Ir. Ruly Anwar, MSi
  6. Dr. Ir. Yayi Munara Kusumah, MSi
  7. Dr. Ihsan Nurkomar, SP., MSi

PDF Download