Logo

SEMINAR: Synthetic Biology – Biosafety and Contribution to Addressing Societal Challenges

Synthetic biology (SynBio) merupakan cabang ilmu baru dalam ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang rekayasa dan sintesis de novo material genetik untuk memperbaiki komponen atau sistem biologi yang ada. IstilahSynBio pertama kali digunakan dalam rekayasa genetik bakteri melalui teknologi DNA rekombinan.  Namun saat ini penerapan SynBio telah banyak digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya untuk menghasilkan alat diagnostik penyakit HIV dan hepatitis; atau rekayasa genetik tanaman untuk memperbaiki sifat tanaman dengan lebih efisien.  Seperti halnya dengan produk-produk rekayasa genetik sebelumnya, yaitu genetic modified-organism(GMO), kehadiran produk-produk SynBio tersebut dikhawatirkan akan membawa dampak pada keamanan hayati dan ligkungan.  Penilaian risiko dan panduan keamanan untuk GMO bisa saja digunakan untuk produk-produkSynBio, tetapi ada ketidakpastian sejauh mana proses dan produkSynBio dicakup oleh protokol internasional dibawah Konvensi Keanekaragaman Hayati, yaitu Cartagena Protocol, dan Nagoya Protocol. Implementasi yang efektif dari protokol tersebut pada akhirnya akanberimplikasi pada pemahaman yang baik tentang bioteknologi dan dampaknya terhadap keamanan hayati dan lingkungan.  Forum-forum diskusi antara peneliti, ilmuwan, pemerhati lingkungan, pemangku kebijakan, dan rakyat awam akan membantu mempersiapkan dunia dan komunitasnya menghadapi kemajuan teknologi.

 

TUJUAN

Seminar dilaksanakan untuk menyebarluaskan pengetahuan terkaitperkembangan ilmu di bidang Synthetic Biology. Pemahaman terkait ruang lingkup, risiko dan dampak sosial yang akan terjadi selanjutnya diharapkan dapat menjadi landasan kebijakan terkait dengan Synthetic Biology.

 

BENTUK KEGIATAN

Seminar akan diisi oleh narasumber dalam bentuk pemaparan berbagai topik terkait Synthetic Biology, dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh moderator.

 

TOPIK SEMINAR

1.  What is Synthetic Biology?.

2.  Socio ecological and ethical aspect in Synthetic Biology.

3.  Risk assessment of Synbio products.

4.  Understanding complexity and its implications for Synthetic Biology.

5.  Integrating Synthetic Biology issues into biosafety policy in Indonesia.

 

NARASUMBER SEMINAR

1. Prof. Trygve Brautaset (NIBIO, Norway)

2. Dr. Anne I Mhyr (Genok, Norway)

3. Dr. Odd-Gunnar Wikmark (Genok, Norway)

4. Dr. Husein Alatas (IPB, Indonesia)

5. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

 

WAKTU DAN PELAKSANAAN

Seminar dilaksanakan pada hari Senin tanggal 9 Mei 2016 di IPB International Convention Center, Botany Square - Jl. Pajajaran – Bogor mulai pukul 8.00sampai 15.30 WIB

 

 

PENDAFTARAN

1.   Pendaftaran seminar ini gratis, tidak dipungut biaya apapun.

2.   Pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan mengisi formulir → DISINI.

3.   Panitia akan menentukan peserta seminar dengan kriteria gender (±50% wanita), latar belakang bidang keahlian, dan pekerjaan.

4.   Pendaftaran ditutup pada tanggal 02 Meil 2016 pukul 23.59 WIB.

5.   Peserta yang terpilih akan dihubungi oleh panitia.

6.   Panitia bertanggung jawab dan berkuasa penuh dalam pemilihan peserta seminar.

7.   Contact person :

 

Mahardika Gama     (085647238553)

Nadzirum Mubin      (085762424232)

  

PENYELENGGARA

Seminar ini diselenggarakan oleh Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor bekerjasama dengan Norwegian ResearchInstitutes GenØk – Centre for Biosafety danNorwegian Institute of Bioeconomic Research (NIBIO).