Logo

Menjadi Duta IPB Sekaligus Duta Pertanian

Duta IPB merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh IPB bagi mahasiswanya untuk membantu melaksanakan kegiatan promosi IPB pada kegiatan kunjungan siswa SMA ke IPB, pameran IPB, kunjungan promosi ke daerah-daerah, membantu menyukseskan kegiatan-kegiatan IPB, serta menjaga citra diri IPB dalam berbagai kesempatan. Selain itu pada masing-masing fakultas yang ada di IPB juga terdapat Duta Pertanian.

“Namun saya sendiri sebagai Duta IPB juga Duta Pertanian tidak hanya bertugas mempromosikan IPB tapi juga membantu mempromosikan pertanian secara luas pada generasi muda yang akan datang agar lebih tertarik dan mampu membangun pertanian di indonesia lebih maju lagi”. Tutur Jena Ruminda Mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman (PTN) angkatan 52 yang terpilih menjadi Duta IPB dan Duta Pertanian.

Program Duta Pertanian itu sendiri baru diadakan pada tahun ini, sedangkan pada periode-periode sebelumnya hanya ada program Duta IPB. Ide program Duta Pertanian ini sendiri lahir dari saran dari mahasiswa itu sendiri, yaitu Isdi Catra Dewi Supardan (PTN angkatan 51) dan Abdul Muin (AGH angkatan 51) yang merupakan Duta IPB ke-3. Ide ini didasari animo yang tinggi dari pengunjung yang berdatangan ke IPB khususnya ke Fakultas Pertanian, maka dari itu Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Faperta, Dr. Nurhayati menyetujui adanya program Duta Pertanian ini. Setelah itu program Duta Pertanian ini juga dilakukan oleh fakultas-fakultas yang lain.

Selain Jena Ruminda, yang menjadi partnernya dalam mengemban tugas sebagai Duta IPB yang berasal dari Faperta adalah Adi Poernomo (MSL angkkatan 52).

Daftar Duta Pertanian di Fakultas Pertanian terdiri dari 11 mahasiswa diantaranya:

1. Adi Poernomo  (MSL)

2. M. Hayyu Mahabbah (MSL)

3. Ni Putu Ayu Sundari  (MSL)

4. M. Gagah S.A (PTN)

5. Jena Ruminda (PTN)

6. Noni Irnadianis  (PTN)

7. Novanda L Fadhilah  (AGH)

8. Hasanal Haqq (AGH)

9.Kalvin Laia (AGH)

10 Dwi Octaviani (ARL)

11. Syihab Alzuhriy (ARL)

“Proses terpilihnya Jena menjadi Duta IPB dan Duta Pertanian ini dimulai dengan pemilihan tingkat departemen, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian proses wawancara, beberapa mahasiswa yang terpilih pada tingkat departemen akan di wawancarai oleh Duta IPB ke-3. Setelah terpilih, proses wawancara di lanjutkan di tingkat Fakultas yg di lakukan di ruang dekanat Faperta. Pewawancara merupakan Komisi Kemahasiswaan (Komsis) masing-masing departemen yg ada di Faperta.” Lanjut Jena.

Program duta IPB dan Duta Pertanian ini berlangsung selama setahun setiap periodenya, tapi seharusnya hal ini berlangsung seumur hidup karena kita tetap harus terus mempromosikan pertanian untuk generasi muda dan dunia pertanian kedepannya. 

PDF Download