Logo

Magister Entomologi

Visi

Lembaga pendidikan pascasarjana yang unggul yang menjadi rujukan dalam me-ngembangkan ilmu serangga (entomologi), dan teknologi yang terkait dengan pengelolaan organisme pengganggu tanaman dan lingkungan, serta menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi yang mampu menunjang pertanian berkelanjutan.

Misi

(A). Menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana yang bermutu dan berdaya saing tinggi dalam ilmu serangga (Entomologi) yang menunjang perlindungan tanaman.

(B). Mengembangkan ilmu-ilmu dasar dan terapan dalam bidang Entomologi yang berbasis pada sumberdaya hayati melalui penelitian yang bermutu.

(C). Memasyarakatkan ilmu serangga dan teknologi yang berbasis entomologi dalam menunjang perlindungan tanaman, peningkatan produksi pertanian dan pengelolaan lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Tujuan

Menyiapkan tenaga pendidik dan/atau peneliti yang mampu mengembangkan ilmu serangga dalam bidang sistematika, fisiologi dan toksikologi, biologi dan ekologi, serta pengendalian hayati dan cara pengendalian lainnya. PS Entomologi juga menyiapkan tenaga profesional yang mampu mendiagnosis dan mengevaluasi permasalahan hama tanaman, serta mampu merancang dan mengembangkan program pemecahan masalah melalui pendekatan secara terpadu.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran program studi adalah: (a) menghasilkan lulusan yang profesional, bermutu, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat; (b) menghasilkan ilmu dan teknologi pengendalian hama tanaman (khususnya serangga) yang berbasis pada sumberdaya hayati sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini; dan (c) membangun sumberdaya manusia dan sarana/ prasarana yang unggul dan prima. 

Strategi dan pentahapan untuk mencapai tujuan dan sasaran di atas dilakukan dengan:  (a) mengembangkan kurikulum, metode pembelajaran yang baik,  kualitas  pengajar yang tinggi,  dan sarana dan prasarana yang memadai; (b) menyediakan sistem informasi dan layanan akademik yang kredibel dan akuntabel; (c) mewujudkan sistem manajemen pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu; dan (d) meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat untuk  pembaharuan,  pengembangan  dan pemasyarakatan   ilmu dan teknologi bidang entomologi.

Kompetensi Program Studi

Kompetensi utama lulusan PS Entomologi adalah mempunyai kemampuan mengembangkan ilmu tentang serangga dalam bidang biosistematika, fisiologi dan toksikologi, biologi, ekologi, dan teknologi pengendalian hama dengan memanfaatkan agens hayati yang berupa parasitoid, predator dan patogen serangga,  dan cara-cara pengendalian lainnya. Selain memiliki kompetensi utama tersebut, lulusan PS Entomologi juga diharapkan dapat melakukan analisis kondisi permasalahan hama tanaman di lapangan dan memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut.

Gelar yang Diberikan

Mahasiswa yang telah menuntaskan seluruh tahapan program studi diberikan gelar Master of Science atau Master Sains.

Kurikulum

Sampai dengan tahun akademik 2014/2015, kurikulum yang berlaku untuk penyelenggaraan pendidikan S2 PS Entomologi adalah kurikulum hasil peninjauan pada lokakarya akademik yang diselenggarakan pada tahun 2012.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku, mahasiswa S2 PS Entomologi harus menyelesaikan sekurang-kurangnya 41 sks.  Beban akademik tersebut terdiri dari minimal 33 sks kuliah, 1 sks kolokium, 1 sks seminar dan 6 sks tugas akhir (penelitian dan tesis).  Matakuliah yang harus diambil mahasiswa adalah mk (mata kuliah) wajib SPs (6 sks), mk wajib PS (15 sks), dan mata kuliah pilihan dari dalam atau luar PS (12 sks).  Berbagai mata kuliah diberikan kepada mahasiswa program magister sains di PS Entomologi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar, metode analisis serta penerapannya. Pada semester ke-1 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa merupakan 6 sks mata kuliah wajib yang diasuh oleh Sekolah Pascasarjana IPB (mk Bahasa Inggris dan mk Analisis Statistika) dan 6 sks mk wajib PS Entomologi (mk Entomologi dan mk Ekologi Serangga).  Pada semester ke-1 mahasiswa juga sudah dapat mengambil satu mata kuliah pilihan dan umumnya disarankan untuk mengambil mata kuliah pilihan yang ditawarkan PS Entomologi. Pada semester ke-2  mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa adalah 3 mk wajib dari PS Entomologi (mk Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah, mk Pengendalian Hayati Hama Tanaman, dan mk Sistem Pengendalian Hama Terpadu yang masing-masing bobotnya 3 sks) dan 1 mk pilihan yang ditawarkan oleh PS Entomologi atau PS lain.  Pada semester ke-3 mahasiswa mengambil 2 mata kuliah wajib program studi (mata kuliah Morfofisiologi Serangga, dan Kolokium) dan 2 mata kuliah pilihan dari dalam atau luar PS Entomologi.  Mata kuliah pilihan yang diambil oleh mahasiswa pada semester 1 sampai dengan 3 merupakan mata kuliah yang sesuai minat mahasiswa dan dapat menunjang pelaksanaan penelitian tesisnya.  Pada semester ke-3 mahasiswa juga sudah mulai mengerjakan penelitian tugas akhir, dimulai dengan mengajukan usul penelitian (proposal) yang sudah dipresentasikan dalam kolokium.  Pada semester ke-4, mahasiswa sepenuhnya dapat melakukan penelitian tugas akhir, penulisan tesis, melaksanakan seminar dan ujian akhir.

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib SPs

3 SKS

1.

PPS500

Bahasa Inggris

3(3-0)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi

15 SKS

1.

PTN610

Ekologi Serangga

3(2-3)

2.

PTN611

Fisiologi Serangga

3(2-3)

3.

PTN590

Metodologi Penelitian dan Penyajian Ilmiah

3(2-2)

4.

STK511

Analisis Statistika

3(2-1)

5.

PTN604

Sistem Pengendalian Hama Terpadu

3(2-3)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Tugas Akhir

13 SKS

1.

PTN601

Kolokium

1

2.

PPS690

Seminar

1(0-1)

3.

PTN629

Penelitian dan Tesis

6

4.

PTN62A

Proposal

1

5.

PTN62B

Publikasi

2

6.

PTN62C

Ujian Akhir

2

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Pilihan

27 SKS

1.

PTN510

Entomologi

3(2-3)

2.

PTN501

Pestisida dalam Pertanian

3(2-3)

3.

PTN613

Pengendalian Hayati Hama Tumbuhan

3(2-3)

4.

PTN615

Biologi dan Ekologi Predator

3(2-3)

5.

PTN502

Hama dan Penyakit Pasca Panen

3(2-3)

6.

PTN603

Hubungan Serangga dengan Penyakit Tumbuhan

3(2-3)

7.

PTN640

Akarologi Pertanian

3(2-3)

8.

PTN614

Biologi dan Taksonomi Parasitoid

3(2-3)