Logo

Magister Fitopatologi

Visi

Lembaga rujukan pendidikan pascasarjana yang mengembangkan ilmu penyakit tumbuhan, dengan penguatan pada pendekatan ramah lingkungan dan bioteknologi untuk menghasilkan teknologi pengelolaan organisme pengganggu tanaman serta menghasilkan lulusan berdaya saing global yang mampu menunjang pertanian berkelanjutan. 

Misi

(A). Menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana yang bermutu dan berdaya saing tinggi dalam ilmu penyakit tumbuhan yang menunjang perlindungan tanaman.

(B). Mengembangkan ilmu-ilmu dasar dan terapan dalam bidang ilmu penyakit   tumbuhan yang berbasis sumberdaya hayati melalui penelitian yang bermutu.

(C). Memasyarakatkan lmu dan teknologi dalam bidang ilmu penyakit tumbuhan yang menunjang perlindungan tanaman untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Tujuan

  1. Tersedianya sumberdaya manusia sebaga tenaga pendidik dan/atau peneliti yang mampu mengembangkan ilmunya dalam bidang etiologi, sistematika penyebab penyakit tanaman (cendawan, bakteri, virus, nematoda), patogenesis dan respons tumbuhan terhadap patogen, epidemiologi penyakit tanaman, serta pengendalian penyakit tanaman. 
  2. Tersedianya sumberdaya manusia sebagai tenaga praktisi dan/atau teknokrat pengambil kebijakan yang memahami konsep perkembangan dan prinsip pengendalian penyakit tumbuhan yang bersifat ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran program studi adalah (a) menghasilkan lulusan yang profesional, bermutu, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, (b)  menghasilkan teknologi perlindungan (penyakit) tanaman yang berbasis pada sumberdaya hayati, genetika, dan kimiawi sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini, (c) membangun sumberdaya manusia dengan dasar keilmuan penyakit tumbuhan yang kuat berbasis pendekatan lingkungan dan bioteknologi, dan sarana/prasarana yang unggul dan prima.

Strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran di atas adalah (a) melakukan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan relevansi perkembangan ilmu dan kebutuhan pasar kerja.  Hal tersebut dilakukan secara periodik minimal setiap 5 tahun sekali; (b) meningkatkatkan sistem informasi dan layanan akademik yang kredibel dan akuntabel, serta mewujudkan sistem manajemen pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu; (c) mengembangkan dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pelayanan pada masyarakat sehingga setiap tahun diperoleh teknologi perlindungan tanaman yang dapat dimasyarakatkan.

Kompetensi Program Studi

Kompetensi utama lulusan PS Fitopatologi adalah kemampuan mengembangkan ilmu dalam bidang etiologi penyakit tanaman, sistematika penyebab penyakit tanaman (bakteri, cendawan, nematoda, virus), patogenesis, epidemiologi penyakit tanaman, serta pengendalian penyakit. Selain memiliki kompetensi utama tersebut, lulusan PS Fitopatologi juga diharapkan dapat melakukan analisis kondisi permasalahan penyakit tanaman di lapangan dan memberikan alternatif pemecahan masalah.

Gelar yang Diberikan

Mahasiswa yang telah menuntaskan seluruh tahapan program studi diberikan gelar Master of Science atau Master Sains.

Kurikulum

Berbagai mata kuliah diberikan kepada mahasiswa program magister sains di PS Fitopatologi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar, metode analisis serta penerapannya.  Pada semester ke-1 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa merupakan mata kuliah wajib yang diasuh oleh PPs (PPS 550 Bahasa Inggris dan STK 511 Analisis Statistik) dan PS Fitopatologi (PTN 510 Fitopatologi).  Pada semester ke-1 mahasiswa juga sudah dapat mengambil satu mata kuliah pilihan dan umumnya disarankan untuk mengambil mata kuliah pilihan dalam.  Pada semester ke-2  mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa adalah 3 mata kuliah wajib program studi (Patologi Benih, Patogenesis Tumbuhan, dan Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah) dan 1 mata kuliah pilihan dalam atau luar program studi.  Pada semester ke-3 mahasiswa mengambil 3 mata kuliah wajib program studi (PTN 625 Epidemiologi dan Pengelolaan Penyakit, PTN 628 Pengendalian Hayati Penyakit Tumbuhan, PPSTN 601 Kolokium) dan 1 mata kuliah pilihan dalam atau luar program studi.  Mata kuliah pilihan yang diambil oleh mahasiswa pada semester 1 sampai dengan 3 merupakan mata kuliah yang sesuai minat mahasiswa dan dapat menunjang pelaksanaan penelitian tesisnya.  Pada semester ke-3 mahasiswa sudah dapat mengajukan permohonan untuk melakukan penelitian dengan terlebih dahulu mengajukan usulan rencana penelitian.  Kegiatan penelitian dapat dimulai pada semester ke-3 dan dilanjutkan pada semester ke-4.  Dengan pembagian waktu tersebut, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan penelitian tesis pada akhir semester ke-4. Hasil penelitian selanjutnya dipaparkan dalam bentuk seminar hasil melalui koordinasi dengan Sekolah Pascasarjana.  Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah, sebagai syarat untuk menempuh ujiah akhir tesis.

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib SPs

6 SKS

1.

PPS500

Bahasa Inggris

3(3-0)

2.

STK511

Analisis Statistika

3(2-1)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi

12 SKS

1.

PTN625

Epidemiologi dan Pengelolaan Penyakit Tumbuhan

3(2-3)

2.

PTN520

Fitopatologi

3(2-3)

3.

PTN590

Metodologi Penelitian dan Penyajian Ilmiah

3(2-2)

4.

PTN626

Patogenesis Tumbuhan dan Respon Inang

3(2-3)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Tugas Akhir

13 SKS

1.

PTN601

Kolokium

1

2.

PPS690

Seminar

1(0-1)

3.

PTN629

Penelitian dan Tesis

6

4.

PTN62A

Proposal

1

5.

PTN62B

Publikasi

2

6.

PTN62C

Ujian Akhir

2

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Pilihan

24 SKS

1.

PTN627

Patologi Benih

3(2-3)

2.

PTN628

Pengendalian Hayati Penyakit Tumbuhan

3(2-3)

3.

PTN620

Bakteri Patogen Tumbuhan

3(2-3)

4.

PTN621

Cendawan Patogen Tumbuhan

3(2-3)

5.

PTN622

Nematologi Tumbuhan

3(2-3)

6.

PTN623

Virologi Tumbuhan

3(2-3)

7.

PTN603

Hubungan Serangga dengan Penyakit Tumbuhan

3(2-3)

8.

PTN650

Bioekologi Mikroba Endofit

3(2-3)