Logo

Daftar Berita

Guest Lecture Series 28: MK. Hama Gudang dan Pemukiman

Flyer GL 28

Sabtu, 25 November 2023. Departemen Proteksi Tanaman,  Fakultas Pertanian - IPB University mengadakan Guest Lecture Series 28: MK. Hama Gudang dan Pemukiman dengan Judul "Bisnis Pest Control di Indonesia" yang menghadirkan pembicara Harlan Bengardi, BSBA, PGHM (PT. Pestigo). Guest Lecture ini diselenggarakan di Gedung Kuliah A (GKA) Departemen Proteksi Tanaman pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Pada paparannyaHarlan Bengardi, BSBA, PGHM menjelaskan pengalamannya sebagai CEO pada perusahaan pest control dan bagaimana beliau menjalankan perusahaan tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai Guest Lecture ini silahkan disimak pada video dibawah:

#SDGs13 #SDGs15

IPB menjadi host bagi professor dan mahasiswa lintas benua mengkaji keanekaragaman hayati di Ujung Kulon, Krakatau dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak

IPB University dan University of Vienna, Austria melakukan kegiatan Summer Course yang bertujuan melakukan Rapid assessment on Insect, Bird, and Reptile Diversity in Tropical Landscape. Kegiatan ini diorganisir oleh Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB.

SC poster-16

Peserta  meliputi mahasiswa lintas benua  berjumlah 23 orang,  yaitu 12 mahasiswa Vienna University- Austria, 2 profesor Vienna University, 5 mahasiswa  IPB, 1 mahasiswa Universitas Negeri Jember, 2 mahasiswa Universitas Negeri Semarang, 1 mahasiswa  Northwest Agriculture and Forestry University, China. Jumlah dosen yang terlibat ada 10 orang dari berbagai universitas dan lembaga.

Kegiatan dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon (Pulau Peucang, Pulau Panitan, dan mainland - Cidaon), Pulau Sebesi dan Sebuku (Kepulauan Krakatau), serta di TN Gunung Halimun Salak. Kegiatan Summer Course ini diawali dengan kuliah pembekalan selama beberapa kali pertemuan untuk membekali peserta sebelum berangkat ke lapangan, serta pelatihan pengumpulan data, analisis data dan presentasi. Inisiator kegiatan ini, Prof. Christian H. Schulze (Vienna University) dan Prof. Dr. Damayanti Buchori (IPB University), menyatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pengalaman lapangan dalam menilai keanekaragaman spesies fauna di ekosistem alami kepada peserta. Kegiatan ini berlangsung pada 20 Agustus hingga 4 September 2023.

Summer Course ini merupakan salah satu kegiatan unggulan dari Departemen Proteksi Tanaman, demikian menurut Ketua Departemen Proteksi Tanaman, Dr. Ali Nurmansyah.  Dalam sambutan penutupan Dekan Fakultas Pertanian IPB, Prof. Dr. Suryo Wiyono menyampaikan bahwa  baik mahasiswa maupun dosen yang terlibat dalam Summer Course ini banyak belajar. Selain ilmu biodiversitas, juga belajar keanekaragaman budaya.  Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa selain memperkuat kerja sama antar universitas, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Austria.

Galerry-Summer-Course-2023

#SDGs13 #SDGs15 #SDGs17

Guest lecture Series 27: Pestisida dalam Proteksi Tanaman (PTN1306) & Patogenesis dan Respon Inang (FIT1627)

Flyer-guest-lecture-27

Jum'at, 10 November 2023. Departemen Proteksi Tanaman,  Fakultas Pertanian - IPB University mengadakan Guest Lecture Seri 27: Pestisida dalam Proteksi Tanaman (PTN1306) & Patogenesis dan Respon Inang (FIT1627) dengan Judul "Mutations in Rice Blast Fungus:Host Specificity and Fungicide Resistance" yang menghadirkan pembicara Prof. Teruo Sone, Ph.D (Hokkaido University). Guest Lecture ini diselenggarakan di Ruang Sidang 1 Departemen Proteksi Tanaman pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Pada paparannya Prof. Teruo Sone, Ph.D menjelaskan mutasi yang terjadi pada penyakit blast yang menjadi studinya di Jepang, untuk lebih jelasnya mengenai Guest Lecture ini silahkan disimak pada video dibawah:

#SDGs13 #SDGs15

Prestasi Mahasiswa: Juara Satu Scientific Debate - Plant Protection Day 2023

Minggu, 08 Oktober 2023. Delegasi Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian - IPB University menyabet Juara Pertama Scientific Debate dalam pergelaran Plant Protection Day 2023 yang diselenggarakan oleh Klinik Tanaman, Fakultas Pertanian - Universitas Padjajaran Bandung. Delegasi PTN yang terdiri dari Muhammad Ridho Luthfi Pane, Usy Syamsiatun, dan Khasanah Puspitaningtyas menumbangkan delegasi tuan rumah dan menjadi Juara Pertama. 

Screenshot 2023-10-12 100520

#SDGs4 #SDGs5 #SDGs17