Logo

Dua Guru Besar PTN Sharing Ilmu tentang BSF di Webinar DGB-IPB

Selasa, 16 Februari 2021, Dewan Guru Besar IPB (DGB-IPB) bersama dengan Asosiasi Professor Indonesia (API) mengadakan Webinar yang Bertajuk Inovasi Black Soldier Fly (BSF) (Hermetia illucens): Peningkatan Nilai Ekonomi dan Lingkungan, pada acara tersebut dua Guru Besar Departemen Proteksi Tanaman menjadi Moderator dan Narasumber, yaitu Prof. Dadang sebagai moderator dan Prof. Damayanti Buchori sebagai narasumber. Dua Guru Besar PTN membagikan ilmunya mengenai BSF dari sisi Entomologi.

Menurut paparan Prof. Damayanti Buchori “BSF dapat mengolah sampah organik dan cepat. BSF Merupakan salah satu sumber protein yang menjanjikan dan dapat berperan sebagai pangan alternatif di masa depan. BSF bukanlah hama dan tidak mebawa penyakit karena fase imago tidak memiliki alat mulut sehingga tidak memungkinkan bagi imago BSF menjadi hama dan vektor penyakit. BSF ramah terhadap manusia dan tidak akan menggigit. BSF menghubungkan pengolahan sampah organik dan produk bio yang ramah lingkungan”.

“Kalo kita bicara serangga, terkesan orang melihatnya cenderung merugikan, padahal sebagian besar serangga justru menguntungkan dan bermanfaat. Persentase serangga yang merugikan itu sebenarnya rendah, dibanding dengan yang menguntungkan. Salah satu spesies serangga bermanfaat tersebut adalah Black Soldier Fly (BSF)”. Kata Prof. Dadang