Logo

Webinar PTN 04: Mekanisme Regulasi Pengendalian Penyakit Tanaman: Studi Kasus Bakteri Patogen Tumbuhan

“Eksklusi adalah cara pertama pada prinsip pengendalian penyakit tanaman, dimana eksklusi sendiri adalah mencegah masuknya patogen ke suatu wilayah atau pertanaman”. Pengertian tersebut menjadi pembuka dari Dr. Abdjad Asih Nawangsih dalam Webinar PTN 04 “Mekanisme Regulasi Pengendalian Penyakit Tanaman: Studi Kasus Bakteri Patogen Tumbuhan” yang diselenggarakan oleh Departemen Proteksi Tanaman (PTN), Fakultas Pertanian – IPB University pada Kamis, 1 Juli 2021 via Zoom meeting dan disiarkan langsung pada kanal youtube Departemen Proteksi Tanaman – IPB University.

Webinar ini menampilkan tiga pembicara dengan tema yang berbeda-beda, pembicara pertama adalah Dr. Ir. Abdjad Asih Nawangsih, M.Si beliau merupakan dosen PTN, membawakan materi tentang “Penerapan Prinsip Eksklusi dalam Pengendalian Penyakit Tanaman”; pembicara kedua adalah Haerani, S.P., M.Si yang merupakan Analis Perkarantinaan Tumbuhan BBKP Tanjung Priuk dan juga Alumni Program Magister PS Fitopatologi PTN – IPB University yang membawakan tema “Deteksi dan Identifikasi Dickeya sp. Sebagai OPT Karantina pada Tanaman Kentang di Jawa”; Pembicara ketiga adalah Joni Hidayat, S.P., M.Si yang merupakan Analils Perkarantinaan Tumbuhan Muda BUTTMKP dan juga Mahasiswa Program Doktor PS Fitopatologi PTN – IPB University dengan yang membawakan tema “Perlakuan Karantina  Tumbuhan untuk Eliminasi Bakteri pada Komoditas Pertanian”.

Versi lengkap dari Webinar PTN 04: Mekanisme Regulasi Pengendalian Penyakit Tanaman: Studi Kasus Bakteri Patogen Tumbuhan bisa di lihat pada video dibawah:

#PTNkeren #DokterTanamanIPB #KarantinaTanaman #BakteriTanaman #IPBUniversity