Logo

GUEST LECTURE Series 12: Mengenal Interaksi Endosimbion Serangga dengan Virus Tanaman

Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB ─ Mendukung pengayaan pengalaman belajar bagi mahasiswa pada transformasi digital di era COVID-19, IPB mengusung sebuah format edukasi yang menyediakan wadah interaksi bagi mahasiswa dan tenaga profesional melalui diskusi dan kompetensi interpersonal dalam program Guest Lecture Series.

Guest Lecture Series ke-12 yang diadakan pada Jum’at, 25 Februari 2022, mengundang Dr. Susanti M. Lestari dari Kyungpook National University, Korea Selatan, untuk membawakan sebuah materi bertema “Insect Endosymbiont and Plant Virus Interaction”. Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh beberapa Dosen Departemen Proteksi Tanaman dan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi.

Sebenarnya apa itu simbion? Simbion adalah organisme yang hidup bersimbiosis dengan organisme lain. Berdasarkan hal itu, endosimbion serangga adalah adalah simbion yang hidup di dalam tubuh serangga (inang/host). Dr. Susanti menyampaikan bahwa hampir seluruh serangga berasosiasi dengan bakteri endosimbiotik melalui sebuah hubungan simbiosis, baik mutualisme maupun parasitisme. Dr. Susanti juga menambahkan bahwa endosimbion mampu memanipulasi serangga inang dan virus tanman. Salah satu peran endosimbion adalah melindungi virus tanaman dari degradasi selama berada di dalam tubuh serangga pada proses transmisi melalui sebuah protein yang disebut GroEl.

Beberapa penelitian telah membuktikan keefektifan endosimbion terhadap virus tanaman. Salah satunya adalah keberhasilan tranfer endosimbion Wolbachia pada hama wereng cokelat yang berperan dalam menghambat infeksi dan transmisi Rice Ragged Stunt Virus (RRSV) dan mengurangi gejala virus pada tanaman padi. Strategi lainnya yang juga disampaikan dalam Guest Lecture Jum’at siang tersebut adalah dengan melakukan menhentikan produksi protein GroEl pada bakteri melalui gene editing.

Melihat peran besar endosimbion dalam mempengaruhi serangga inang dan virus tanaman, pengendalian virus tanaman melalui endosimbion menjadi peluang yang sangat prospektif pada saat ini dan waktu yang akan datang.

Untuk lebih lengkapnya silahkan sima video Guest Lecture 12 dibawah ini: