Logo

Kunjungan Studi Banding Fakultas Pertanian - Universitas Timor, NTT

Selasa, 31 Januari 2023 sebanyak empat orang staf laboran dari Fakultas Pertanian Universitas Timor – Nusa Tengara Timur melakukan kunjungan studi banding tentang laboratorium penelitian di Departemen Proteksi Tanaman (PTN), Faperta – IPB University. Kujungan ini bertujuan untuk studi banding fasilitas yang ada di laboratorium-laboratorium penelitian PTN untuk mengembangkan laboratorium penelitian di Fakultas Pertanian Universitas Timor yang akan dibangun.

PTN berdedikasi untuk mengajarkan dan melakukan penelitian di bidang perlindungan tanaman. Departemen ini memiliki beberapa laboratorium penelitian yang fokus pada berbagai aspek perlindungan tanaman. yang dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan modern, seperti mikroskop, sentrifugasi, spektrofotometer, dan peralatan biologi molekuler. Laboratorium tersebut digunakan untuk tujuan pengajaran dan penelitian, dan mereka secara teratur diperbarui untuk menjaga ketersediaan fasilitas terbaru.

Universitas Timor adalah universitas negeri yang terletak di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Fakultas Pertanian di Universitas Timor menawarkan program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang pertanian, termasuk ilmu tanaman, ilmu hewan, dan agribisnis. Fakultas tersebut memiliki beberapa laboratorium penelitian yang fokus pada berbagai aspek pertanian.

Laboratorium di Fakultas Pertanian - Universitas Timor masih dalam tahap pengembangan dan relatif baru. Namun, fakultas tersebut telah membuat kemajuan yang signifikan dalam melengkapi laboratoriumnya dengan fasilitas dan peralatan modern. Laboratorium tersebut digunakan untuk tujuan pengajaran dan penelitian, dan fakultas bekerja untuk menjalin kemitraan dengan institusi lain untuk lebih meningkatkan kualitas laboratoriumnya.

Secara keseluruhan, meskipun kedua institusi memiliki laboratorium yang fokus pada aspek pertanian yang berbeda, Departemen Perlindungan Tanaman di Universitas IPB memiliki laboratorium yang lebih terkenal dan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih modern karena sejarah yang lebih panjang dan sumber daya yang lebih besar. Namun, Fakultas Pertanian - Universitas Timor telah membuat kemajuan yang signifikan dalam pengembangan laboratoriumnya dan memiliki potensi untuk menjadi lembaga penelitian yang kuat di masa depan.

Kujungan-Univ-Timor-Galerry