Logo

Webinar PTN 03: Manajemen Tikus Terpadu: Pendekatan Ekologi, Ekonomi, dan Sosiokultural

“Tikus (Rodentia) adalah ordo mamalia yang menguasai bumi sebanyak 40% dari jumlah 5000 spesies mamalia lainnya, namun hanya tiga spesies yang merugikan manusia diantaranya adalah Rattus tanezumi (Tikus Rumah), Rattus tiomanicus (Tikus Pohon), dan Rattus agentiventer (Tikus Sawah)”. Berikut merupakan fakta mengenai tikus yang disampaikan oleh Dr. Swastiko Priyambodo dalam Webinar PTN 03 yang bertajuk “Manajemen Tikus Terpadu: Pendekatan Ekologi, Ekonomi, dan Sosiokultural” yang diselenggarakan oleh Departemen Proteksi Tanaman (PTN), Fakultas Pertanian – IPB University pada Kamis, 17 Juni 2021 via Zoom meeting dan disiarkan langsung pada kanal youtube offical PTN.

Webinar ini menampilkan tiga narasumber atau pembicara dengan tema yang berbeda-beda, narasumber pertama adalah tadi, yaitu Dr. Ir. Swastiko Priyambodo, M.Si beliau merupakan dosen PTN, membawakan materi tentang Fakta luar biasa tentang tikus dan pengelolaannya; narasumber kedua adalah Dr. Nur’Aini Herawati, S.Si, M.Sc beliau merupakan staf Bala penelitian tanaman aneka kacang dan umbi (Malang) yang membawakan tema Pengendalian tikus berbasis pendekatan aspek bioekologi; Narasumber ketiga adalah Ferril Muhammad Nur yang merupakan mahasiswa program magister Entomologi dengan peminatan pengendalian hama terpadu yang membawakan tema Burung hantu: Lebih sahata petani.

Versi lengkap dari Webinar PTN 03: Manajemen Tikus Terpadu: Pendekatan Ekologi, Ekonomi, dan Sosiokultural bisa di lihat pada video dibawah:

#PTNkeren #DokterTanamanIPB #ManajemenTikus #IPBUniversity