Logo

Daftar Berita

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1438 H

Seluruh civitas akademika Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian - IPB mengucapkan:

"SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN 1439 HIJRIAH"

Semoga ama ibadah kita dibulan yang suci ini berlipat dan menambahkan drajat ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T

Prestasi Mahasiswa: Juara 2 LKTI, Bionic 2018

Bulan ini menjadi bulan “prestasi” bagi Departemen Proteksi Tanaman, pasalnya bukan satu melainkan 3 prestasi yang diraih oleh mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman.

Prestasi ketiga: Karya tulis hasil dari pemikiran delegasi Departemen Proteksi Tanaman (PTN) yang berjudul Pengelolaan Limbah Dengan Lalat Tentara Hitam ini menjadi juara 2 Bionic 2018.

Delegasi yang terdiri dari tiga orang mahasiswa PTN, yaitu Natassa Kusumawardani, Noni Irnadianis, dan Muhammad Gagah Saptarengga berhasil meraih juara 2 di ajang Biology on Science and Aplication (BIONIC) 2018 pada kategori Best Presentation.

Rangkaian kegiatan BIONIC 2018 terdiri dari lomba karya tulis ilmiah (LKTI), seminar dan workshop. Tema yang diusung pada acara BIONIC kali ini adalah “Local Bioresources for National Food Security” acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan pada 6 Mei 2018 bertempat di Auditorium FMIPA IPB.

Karya tulis yang  dilombakan adalah ide untuk pengelolaan limbah organik secara terpadu. Limbah organik yang berasal dari rumah tangga dan rumah makan mereka olah dengan lalat tentara hitam. Salah satu anggota tim, Noni Irnadianis mengatakan limbah organik di Indonesia masih sangat tinggi dan kurang dimanfaatkan secara maksimal, “Lalat tentara hitam ini potensial untuk mengurai limbah organik terutama larvanya,” tambah Noni.

PDF Download

Prestasi Mahasiswa: Juara 2 dan 3 LCC, Fitofest 2018 - UGM

Bulan ini menjadi bulan “prestasi” bagi Departemen Proteksi Tanaman, pasalnya bukan satu melainkan 3 prestasi yang diraih oleh mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman.

Prestasi kedua: Keikutsertaan delegasi Departemen Proteksi Tanaman (PTN) dalam rangkaian acara Fitofest 2018 adalah keikutsertaan yang kesekian kalinya dalam beberapa tahun ini, dan tahun ini delegasi PTN  memperoleh prestasi yang cukup membanggakan, pasalnya delegasi PTN menyabet 2 gelar juara pada Lomba Cerdas-Cermat (LCC), yaitu juara 2 dan 3, sedangkan juara pertama menjadi milik tuan rumah, yaitu delegasi dari UGM.

Delegasi PTN terdiri dari dua tim, tim pertama beranggotakan Ucip Sumantoro, Melynda Septiana, dan Regita Melba yang menyabet juara 2, sedangkan tim kedua yaitu Fawwas El Auly, Dana Kristanto, dan Dwi Lestari yang menyabet juara 3.

Fitofest 2018 ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman Universitas Gadjah Mada pada 2-5 Mei 2018. Acara ini terdiri dari serangkaian kegiatan, salah satunya yaitu LCC, tema LCC tahun ini tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu mengenai hama dan penyakit tanaman, khususnya tanaman perkebunan, hortikultura, dan pangan.

“Alhamdulillah, saya masih tidak menyangka bisa menjadi juara di ajang bergengsi seperti itu, melawan berbagai tim dari mahasiswa proteksi tanaman di seluruh Indonesia sekaligus saling bertukar informasi, pengetahuan, dan pengalaman dengan teman2 baru rasanya sangat menyenangkan”  Ujar Mellynda Septiana Sari, salah satu delegasi yang berhasil meraih juara 2 LCC Fitofest.

PDF Download

Prestasi Mahasiswa: Juara 1 LKTI Agrofest 2018, Univ. Bangka Belitung

Bulan ini menjadi bulan “prestasi” bagi Departemen Proteksi Tanaman, pasalnya bukan satu melainkan 3 prestasi yang diraih oleh mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman.

Prestasi pertama: yang diraih mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman yaitu Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) pada acara Agrofest 2018 yang dselenggarakan oleh Jurusan Agroteknologi, Universitas bangka Belitung pada 5 Februari – 9 Mei 2018. Pada acara ini delegasi Departemen Proteksi Tanaman beranggotakan dua orang, yaitu Marie Muhammad dan Seliawati yang keduanya merupakan mahasiswa angkatan 53, “Pemberdayaan Potensi Lokal untuk Indonesia Mandiri” merupakan judul karya ilmiah mereka yang menjadi juara pertama.

PDF Download