Logo

Daftar Berita

Sidang Promosi Doktor a.n Imas Aisyah

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Fitopatologi atas nama Imas AIsyah telah melakukan sidang promosi pada tanggal 13 Oktober 2017 bertempat di Ruang Sidang 202 Lt. 2 Gedung Sekolah Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dr. Giyanto, Prof. Dr. Meity S. Sinaga, Dr. Abdjad Asih Nawangsih, dan Prof(R). Dr. Gustan Pai. Sdr Imas Aisyah menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Pemanfaatan Asap Cair untuk Pengendalian Penyakit Darah (Blood Disease Bacterium) pada Pisang Kepok Kuning”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Dwi Iswari yang merupakan Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian-RI, Dr. Kikin H. Mutaqin yang merupakan Staf pengajar Program Studi Fitopatologi dan Prof. Dr. Sri Hendrastuti hidayat yang merupakan Ketua PS. Fitopatologi, Departemen Proteksi Tanaman-IPB.

Penelitian Sdr Imas Aisyah berhasil mengolah limah tempurung kelapa, buah pinus, dan pelepah kelapa sawit dengan teknik pirolisi dan asap cair yang dihasilkan dari pengolahan limbah tersebut dapat digunakan sebagai bakterisida untuk penanggulangan Penyakit Darah (Blood Disease Bacterium) pada Pisang Kepok Kuning .

Sdr Imas Aisyah akan kembali bertugas di P4TK Pertanian Cianjur setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.

PDF Download

Prestasi Mahasiswa: Prayogo Probo Asmoro di Kongres PFI XXIV

PFI (Perhimpunan Fitopatologi Indonesia) merupakan perhimpunan yang bergerak dan menghimpun semua pihat yang berhubungan dengan Fitopologi di Indonesia, dimana Fitopatologi itu sendiri merupakan cabang ilmu yang mempelajari penyakit tumbuhan, disebut juga ilmu yang mempelajari interaksi antara tanaman, patogen (penyebab penyakit) dan lingkungan. Sebagai sebuah perhimpunan PFI mempunyai agenda kegiatan, salah satu agendar rutin PFI adalah Kongres, pada tahun 2017 ini PFI mengadakan Kongresnya yang ke XXIV yang bertempat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, selain kongres, PFI juga mengadakan seminar nasional yang bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo. Kegiatan ini berlangsung pada 3-5 Oktober 2017.

Pada Kegiatan Kongres dan seminar nasional  yang bertajuk “Peran Strategis Fitopatologi dan Ilmu Pendukung Lainnya dalam Pembangunan Pertanian Holistik untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional” ini mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman mendapatkan penghargaan sebagai  atas nama Prayogo Probo Asmoro PTN50.

PDF Download

Workshop Keselamatan Kerja dan P3K Tendik Departemen Proteksi Tanaman

Team building adalah salah satu kegiatan dengan tujuan untuk mempererat kerjasama tim dan memupuk kekompakan untuk suatu organisasi atau institusi. Departemen Proteksi Tanaman selaku unit yang terdiri dari tim yang menjalankan fungsi pelayanan dan administrasi memerlukan kegiatan yang mempererat kerjasama tim, maka dari itu pada tanggal 25-26 Agustus 2017 Departemen Proteksi Tanaman melakukan kegiatan Team Building sekaligus pelatihan mengenai Keselamatan kerja dan Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Acara ini dilakukan di Aston Sentul Lake Hotel & Resort.

Kegitan ini berdurasi dua hari, hari pertama diisi dengan pelatihan Keselamatan Kerja dan P3K, Pelatihan ini diisi oleh instruktur dari Navigator Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk Melindungi keselamatan pekerja dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produktifitas tim

Hari kedua diisi dengan kegiatan Team Building, kegiatan ini berisi beberapa fun games yang masing-masing fun games bertujuan untuk memupuk kekompakan tim.

Sidang Promosi Doktor a.n Murni Indarwatmi

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Murni Indarwatmi telah melakukan sidang promosi pada tanggal 4 September 2017 bertempat di Ruang Sidang Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dra. Endang Sri Ratna, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Dadang, M.Sc, dan Prof. Dr. Ir. Sobir, M.Si. Sdr Murni Indarwatmi menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Keefektifan Iradiasi Gamma [60Co] untuk perlakuan Fitosanitari Hama Kutuputih Exallomochlus hispidus (Morrison) (Hemiptera: Pseudococcidae) pada Buah  Manggis (Garcinia mangostana L.)”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Ir. Purnama Hidayat , M.Sc (staff pengajar di Program Studi Entomologi, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB), dan Prof(R). Seoranto Human, M.Sc dari Badan Tenaga Nuklir Nasional, sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Pudjianto.

Penelitian Sdr Murni Indarwatmi menghasilkan data bahwa perlakuan iradiasi gamma mempengaruhi potensi biologi, menurunkan kemampuan reproduksi dan fertilitas E. Hispidus dan tidak mempengaruhi kualitas buah manggis.

Sdr Murni Indarwatmi akan kembali bertugas di Badan Tenaga Nuklir Nasional setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.