Logo

Magister Pengendalian Hama Terpadu

Visi program studi

Lembaga rujukan pendidikan pascasarjana yang menghasilkan lulusan berdaya saing global dan mengembangkan  ilmu dan teknologi dalam bidang pengendalian hama dan penyakit tanaman secara terpadu.

Misi Program Studi

(A). Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana yang bermutu dan berdaya saing tinggi di bidang pengendalian  hama dan penyakit tanaman secara terpadu.

(B). Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang pengendalian hama dan penyakit tanaman secara terpadu.

(C). Mendiseminasikan  ilmu dan teknologi  pengendalian hama dan penyakit tanaman untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. 

Tujuan 

Menghasilkan  lulusan   yang mampu mendiagnosis permasalahan hama dan penyakit tanaman, mengevaluasi  aspek teknis dan kebijakan terkait, dan   merancang  serta  mengembangkan strategi pengendalian secara terpadu.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran program studi adalah (a) menghasilkan lulusan yang profesional, bermutu, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat; (b) menghasilkan teknologi pengendalian hama  dan penyakit tanaman sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini; dan (c) membangun sumberdaya manusia dan sarana/prasarana yang unggul dan prima. Strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran di atas adalah (a) mengembangkan kurikulum, sistem informasi, dan layanan akademik yang kredibel, transparan dan akuntabel; (b) mewujudkan sistem manajemen pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu; dan (c) mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian  pada masyarakat. Pengembangan kurikulum dilakukan secara terus-menerus dengan mengadakan lokakarya akademik paling sedikit sekali dalam lima tahun dan rapat-rapat kerja staf pengajar. Perbaikan sistem manajemen dan administrasi pendidikan juga terus dilakukan sehingga semakin lengkap. Kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat terus ditingkatkan dengan menggali berbagai sumber pendanaan termasuk bekerjasama dengan berbagai pihak seperti instansi-instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, maupun kerjasama luar negeri.

Kompetensi Program Studi

Aspek kemampuan di bidang kerja

Lulusan S2 PHT mampu merancang dan menerapkan pengelolaan hama dan penyakit tanaman secara terpadu, baik pada tahap lapangan maupun pascapanen dengan memadukan berbagai teknik, taktik, dan strategi yang dapat diterima secara ekologi, ekonomi, dan social untuk mendukung pertanian berkelanjutan.

Aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai

Lulusan S2 PHT mampu menguasai pengetahuan terkini tentang bioekologi, teknik pengamatan, dan berbagai cara pengelolaan hama dan patogen yang menyerang tanaman di lapangan dan di penyimpanan, yang melandasi perancangan dan penerapan pengelolaan hama dan penyakit tanaman terpadu, untuk mewujudkan ekosistem yang sehat dan mencegah kehilangan hasil secara ekonomi, guna mendukung pertanian  berkelanjutan.

Aspek kemampuan manajerial

Lulusan S2 PHT mampu mengkomunikasikan (lisan/tulisan) secara efektif segi teknis terkait dengan bidang kerjanya, bertanggung jawab atas pekerjaannya, melaksanakan pekerjaannya sesuai norma dan etika yang berlaku, bekerja sama dalam tim yang melibatkan orang-orang dengan keahlian yang berbeda, serta memiliki jiwa kepemimpinan dan berwawasan kewirausahaan.

Gelar yang Diberikan

Mahasiswa yang telah menuntaskan seluruh tahapan program studi diberikan gelar Master of Science atau Master Sains.

Kurikulum

program magister sains memiliki jumlah sks minimal yang harus dipenuhi, yaitu 39 sks, yang terdiri dari : Kuliah (termasuk Mata Kuliah Bahasa Inggris) 31 sks, Kolokium 1 sks, Seminar 1 sks, Penelitian dan Penulisan Tesis 6 sks. Berdasarkan jumlah sks yang diambil dalam tiap semester, seorang mahasiswa dapat dikategorikan sebagai mahasiswa dengan beban penuh dan setengah beban.  Seorang mahasiswa dianggap mempunyai beban penuh jika yang bersangkutan mengambil sekurang-kurangnya 9 sks dalam 1 semester. Sesuai SK rektor no 016/K13/KU/2002, dosen IPB dapat mengikuti program pendidikan pascasarjana dengan status setengah beban, yaitu mengambil maksimum 6 sks dalam 1 semester, melalui persetujuan tertulis dari pimpinan SPs. Semua persyaratan untuk gelar magister sains harus dipenuhi dalam waktu tidak lebih dari 3 tahun sejak mahasiswa terdaftar di SPs IPB. Berbagai mata kuliah diberikan kepada mahasiswa program magister sains di PS S2 PHT dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dasar, metode analisis, serta penerapannya.  Matakuliah yang ditulis di sini adalah hasil lokakarya akademik khusus membahas kurikulum Program Magister PHT, Departemen Proteksi Tanaman, Fak. Pertanian, IPB yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2013. Pada semester ke-1 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa merupakan mata kuliah wajib yang diasuh oleh SPs IPB (Mata Kuliah Bahasa Inggris) dan wajib PS PHT (Mata Kuliah Ilmu Hama Tumbuhan dan MK Fitopatologi).  Selain itu ada satu matakuliah pilihan, baik dari dalam atau dari luar Program Studi.  Total 4 matakuliah dengan 12 sks. Pada semester ke-2 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa adalah 3 mata kuliah wajib Program Studi PHT yaitu: (1) MK Metodologi Penelitian dan Analisis Data, (2) MK Sistem PHT, dan (3) MK Pengendalian Hayati Hama dan Penyakit Tumbuhan), serta 1 mata kuliah pilihan baik dari dalam atau dari luar Program Studi.  Total 4 matakuliah dengan 12 sks. Pada semester ke-3 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa adalah 1 mata kuliah wajib SPs IPB (MK Kolokium) dan 1 mata kuliah wajib program studi (MK Pestisida dalam Pertanian), serta 2 mata kuliah pilihan yang terdiri dari mata kuliah di dalam dan mata kuliah di luar program studi.  Total 4 matakuliah dengan 9 - 10 sks. Pada semester ke-3 mahasiswa sudah dapat mengajukan permohonan untuk melakukan penelitian  dengan terlebih dahulu mengajukan usulan rencana penelitian. Mata kuliah pilihan yang diambil oleh mahasiswa pada semester 1, 2, dan 3 merupakan mata kuliah yang sesuai minat mahasiswa dan dapat menunjang pelaksanaan penelitian tesisnya. Pada semester ke-4, mahasiswa hanya mengambil Mata Kuliah Seminar (1 sks) dan Penelitian dan Tesis (6 sks).  Mahasiswa sepenuhnya dapat melakukan penelitian tugas akhir. Hasil penelitian kemudian dituliskan dalam bentuk tesis sesuai ketentuan yang berlaku.

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib SPs

3 SKS

1.

PPS500

Bahasa Inggris

3(3-0)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi

15 SKS

1.

PTN520

Fitopatologi

3(2-3)

2.

PTN531

Metode Penelitian dan Analisis Data

3(2-3)

3.

PTN532

Ilmu Hama Tumbuhan

3(2-3)

4.

PTN604

Sistem Pengendalian Hama Terpadu

3(2-3)

5.

PTN538

Pengendalian Hayati Hama dan Penyakit Tumbuhan

3(2-3)

 

No.

Kode Mata Kuliah

Tugas Akhir

13 SKS

1.

PTN601

Kolokium

1

2.

PPS690

Seminar

1(0-1)

3.

PTN629

Penelitian dan Tesis

6

4.

PTN62A

Proposal

1

5.

PTN62B

Publikasi

2

6.

PTN62C

Ujian Akhir

2

 

 

No.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah Pilihan

30 SKS

1.

PTN501

Pestisida dalam Pertanian

3(2-3)

2.

PTN533

Pengendalian Terpadu Hama Gudang, Industri, dan Pemukiman

3(2-3)

3.

PTN534

Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Hortikultura

3(2-3)

4.

PTN535

Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Tanaman Pangan

3(2-3)

5.

PTN536

Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu Tanaman Perkebunan

3(2-3)

6.

PTN537

Peraturan Perundangan dalam Perlindungan Tanaman

3(2-3)

7.

PTN539

Ilmu Vertebrata Hama

3(2-3)

8.

PTN652

Sistem Perkarantinaan Tumbuhan

2(2-0)

9.

PTN591

Teknik Penulisan dan Penyajian Ilmiah

2

10.

PTN641

Deteksi dan Identifikasi Benih Gulma

2

11.

PTN605

Keamanan Pangan dan Hayati

3(2-3)