Logo

Webinar PTN 01: Akselerasi Perubahan Pola Pembelajaran Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19

Perguruan tinggi harus terus mencari pola pembelajaran yang paling efektif dan efisien untuk menjamin tercapainya learning outcome. Selain itu, perguruan tinggi harus tetap memperhatikan tujuan utama pendidikan yaitu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi untuk menjadi problem solver di masyarakat. Dengan demikian, dibutuhkan sistem pembelajaran yang komprehensif melalui metode tatap muka dan/atau pembelajaran jarak jauh.

Metode pembelajaran jarak jauh sudah banyak diterapkan di perguruan tinggi di luar negeri, tetapi belum banyak diterapkan di Indonesia. Kondisi pandemi Covid-19 “memaksa” perubahan pola pembelajaran di Indonesia yang sebelumnya mengandalkan pada metode tatap muka. Perubahan ini memerlukan penyesuaian yang holistik dari sistem pembelajaran, sisi sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia agar kegiatan belajar mengajar dapat terselenggara dengan baik.

Departemen Proteksi Tanaman merasakan pentingnya mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar pada semester ganjil T.A. 2020/2021 yang akan dilaksanakan seluruhnya dalam pembelajaran jarak jauh sesuai dengan arahan dari Rektor IPB. Oleh karena itu, dibutuhkan penyeragaman persepsi dan wawasan dalam bentuk seminar (webinar) agar seluruh pihak yang terlibat siap untuk menjalankan pembelajaran jarak jauh dengan optimal, khususnya dalam bidang ilmu proteksi tanaman. Tujuan utama diselenggarakannya Webinar ini adalah mempersiapkan para dosen menghadapi perubahan pola pembelajaran pendidikan tinggi yang dipicu oleh kondisi pandemi global Covid-19.

webINARPTN-isi

Webinar PTN 01 ini akan diisi oleh narasumber dari beberapa institusi, yaitu: Durri Andriani Ph.D., yang merupakan dosen Universitas Terbuka dengan keahlian dalam bidang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang membawakan materi yang berjudul  “Sistem Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Tantangan Perguruan Tinggi Menjamin Tercapainya Learning Outcome”, Pembicara kedua adalah Dr. Ir. Dradjat Martianto M.Si, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, IPB University yang membawakan materi “Strategi Pembelajaran Online di IPB University”, pembicara ketiga adalah Dr. Ir. Purnama Hidayat M.Sc, yang merupakan dosen Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB University yang membawakan materi “Pengalaman Pembelajaran Online dalam Bidang Proteksi Tanaman”.Webinar PTN 01 ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori M.Sc, dosen Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB University.

Webinar PTN 01 ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi online confrence Zoom dan secara simultan ditayangkan secara live streaming di kanal Youtube Departemen Proteksi Tanaman – IPB University. Tercatat sebanyak 427 peserta yang mengikuti Webinar PTN 01 ini.

Materi Webinar PTN 01 ini bisa diunduh pada link berikut

1. Durri Andriani, Ph.D: Sistem pembelajaran jarak jauh sebagai tantangan perguruan tinggi menjamin tercapainya learning outcome

2. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si: Strategi pembelajaran online di IPB University

3. Dr. Ir. Purnama Hidayat, M.Sc: Pengalaman pembelajaran online dalam bidang proteksi tanaman