Logo

Webinar PTN 02: Penguatan Kompetensi dan Karakter Lulusan di Bidang Proteksi Tanaman di Era Merdeka Belajar

Webinar Departemen Proteksi Tanaman kedua (Webinar PTN 02) ini diadakan sebagai respon terhadap kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait dengan program kampus merdeka atau merdeka belajar. Tujuan utama diselenggarakannya Webinar PTN 02 ini adalah mempersiapkan lulusan bidang proteksi tanaman sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk aktualisasi diri di berbagai bidang karir.

Webinar PTN 02 ini diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2020, pukul 09:00 – 11:15 WIB melalui media confrence / Webinar ZOOM dan di siarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi Departemen Proteksi Tanaman – IPB University.

Webinar PTN 02 ini mengusung tema “Penguatan Kompetensi dan Karakter Lulusan di Bidang Proteksi Tanaman di Era Merdeka Belajar” dan diisi oleh narasumber dari beberapa institusi dengan topik presentasi sebagai berikut:

1. Dr. Illah Sailah, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor

“Dukungan pemerintah dalam menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang adaptif dan kompeten”

Regulasi dan kebijakan pemerintah terkait pendidikan tinggi mengalami dinamika yang sangat tinggi dari tahun ke tahun.  Pada dasarnya, perubahan kebijakan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi sehingga menghasilkan lulusan dengan kualitas yang prima.  Kompetensi dan karakter lulusan perguruan tinggi selalu menjadi isu yang hangat ketika membahas generasi penerus bangsa.  Dr. Illah Sailah dengan pengalamannya yang panjang sebagai dosen di perguruan tinggi dan juga pejabat struktural di Kementrian Pendidikan Nasional akan mengupas dinamika regulasi dan kebijakan pendidikan tinggi, termasuk kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, dikaitkan dengan kompetensi lulusan.

2. Prof. Dr. Tarkus Suganda, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran

“Strategi perguruan tinggi meningkatkan kesiapan kerja alumninya”

Perguruan tinggi, dalam hal ini Program Studi Proteksi Tanaman/Perlindungan Tanaman/Hama dan Penyakit Tumbuhan, merupakan ‘kawah candradimuka’ untuk menempa, memberi bekal dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dan kesempatan dunia kerja.  Sebagai dosen senior, Prof. Dr. Tarkus Suganda akan membahas strategi proses belajar mengajar di perguruan tinggi sehingga lulusannya memiliki kompetensi dan karakter yang memenuhi harapan stakeholder pengguna lulusan.

3. Ir. Iskandar Zulkarnain, M.P., Corteva Agriscience

“Kesiapan dan bekal kerja lulusan proteksi tanaman”

Sebagai stakeholder yang banyak merekrut lulusan di bidang proteksi tanaman, Ir. Iskandar Zulkarnain, M.P. akan menceritakan pengalamannya berinteraksi dengan para lulusan perguruan tinggi di bidang proteksi tanaman, terutama yang bekerja di bidang agrokimia.  Keahlian, keterampilan, dan karakter lulusan yang dibutuhkan dalam dunia kerja juga akan dibahas pada sesi ini.

4. Dr. Buyung Asmara Ratna Hadi, alumni Departemen Proteksi Tanaman-IPB, peneliti di institusi internasional

“Dari Bogor ke Roma-mencari panggilan mengabdi, jangan lupa dibawa happy”

Sebagai alumnus Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan-IPB, Dr. Buyung A. R. Hadi akan berbagi pengalamannya sejak lulus dari jenjang S1 di IPB, melanjutkan studi S2 dan S3 di perguruan tinggi luar negeri, sampai mendapatkan posisi pekerjaan sebagai peneliti di institusi internasional.  Kiat-kiat menghadapi tantangan dunia di luar kampus akan dibahas dalam rangka mempersiapkan lulusan di bidang proteksi tanaman yang tangguh.

Untuk mengetahui lebih dalam berjalannya Webinar PTN 02 ini kami sematkan video rekaman siaran langsung yang berada di kanal Yotube resmi PTN sebagai berikut: