Logo

Sidang Promosi Doktor a.n Murni Indarwatmi

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Murni Indarwatmi telah melakukan sidang promosi pada tanggal 4 September 2017 bertempat di Ruang Sidang Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dra. Endang Sri Ratna, Ph.D, Prof. Dr. Ir. Dadang, M.Sc, dan Prof. Dr. Ir. Sobir, M.Si. Sdr Murni Indarwatmi menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Keefektifan Iradiasi Gamma [60Co] untuk perlakuan Fitosanitari Hama Kutuputih Exallomochlus hispidus (Morrison) (Hemiptera: Pseudococcidae) pada Buah  Manggis (Garcinia mangostana L.)”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Agus Purwito sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Ir. Purnama Hidayat , M.Sc (staff pengajar di Program Studi Entomologi, Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB), dan Prof(R). Seoranto Human, M.Sc dari Badan Tenaga Nuklir Nasional, sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Pudjianto.

Penelitian Sdr Murni Indarwatmi menghasilkan data bahwa perlakuan iradiasi gamma mempengaruhi potensi biologi, menurunkan kemampuan reproduksi dan fertilitas E. Hispidus dan tidak mempengaruhi kualitas buah manggis.

Sdr Murni Indarwatmi akan kembali bertugas di Badan Tenaga Nuklir Nasional setelah menyelesaikan persyaratan kelulusannya di Sekolah Pascasarjana IPB.