Logo

Prestasi Mahasiswa: Juara 2 LKTI, Bionic 2018

Bulan ini menjadi bulan “prestasi” bagi Departemen Proteksi Tanaman, pasalnya bukan satu melainkan 3 prestasi yang diraih oleh mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman.

Prestasi ketiga: Karya tulis hasil dari pemikiran delegasi Departemen Proteksi Tanaman (PTN) yang berjudul Pengelolaan Limbah Dengan Lalat Tentara Hitam ini menjadi juara 2 Bionic 2018.

Delegasi yang terdiri dari tiga orang mahasiswa PTN, yaitu Natassa Kusumawardani, Noni Irnadianis, dan Muhammad Gagah Saptarengga berhasil meraih juara 2 di ajang Biology on Science and Aplication (BIONIC) 2018 pada kategori Best Presentation.

Rangkaian kegiatan BIONIC 2018 terdiri dari lomba karya tulis ilmiah (LKTI), seminar dan workshop. Tema yang diusung pada acara BIONIC kali ini adalah “Local Bioresources for National Food Security” acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan pada 6 Mei 2018 bertempat di Auditorium FMIPA IPB.

Karya tulis yang  dilombakan adalah ide untuk pengelolaan limbah organik secara terpadu. Limbah organik yang berasal dari rumah tangga dan rumah makan mereka olah dengan lalat tentara hitam. Salah satu anggota tim, Noni Irnadianis mengatakan limbah organik di Indonesia masih sangat tinggi dan kurang dimanfaatkan secara maksimal, “Lalat tentara hitam ini potensial untuk mengurai limbah organik terutama larvanya,” tambah Noni.

PDF Download