Logo

Recent News

Sidang Promosi (Terbuka) Doktor P.S Entomologi a.n Wakhid

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Wakhid telah melakukan sidang promosi pada tanggal 09 Januari 2020 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Pertanian – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Prof. Aunu Rauf, Dr. Nina Maryana, Dr. I Made Sumertawijaya dan Dr. Majariana Krisanti. Sdr Wakhid menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Biodiversitas Serangga Akuatik pada Berbagai Habitat Perairan di Wilayah Bogor”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Suwardi sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. I Wayan Winasa dan Dr. Gunawan Pratama Yoga, sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Idham Sakti Harahap.

 

Sidang Promosi (Terbuka) Doktor P.S Entomologi a.n Muhammad Zainal Fanani

Sidang Promosi (Sidang Terbuka) Doktoral merupakan salah satu prosesi yang wajib dilakukan oleh seorang calon doktor di Sekolah Pascasarjana IPB. Salah satu calon doktor dari Program Studi Entomologi atas nama Muhammad Zainal Fanani telah melakukan sidang promosi pada tanggal 08 Januari 2020 bertempat di Ruang Sidang 202 Sekolah Pascasarjana – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon doktor ini merupakan masiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Prof. Aunu Rauf, Dr. Nina Maryana, Dr. Ali Nurmansyah dan Dr. Dadan Hindayana. Sdr Muhammad Zainal Fanani menyampaikan hasil penelitian disertasinya yang berjudul “Parasitoid Anagyrus lopezi (De Santis) (Hymenoptera: Encyrtidae): Persebaran Geografi dan Interaksi Multitrofik”.

Sidang Promosi ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Suwardi sebagai wakil Rektor IPB, dengan penguji luar komisi yaitu Dr. Sugeng Santoso dan Dr. I Nyoman Widiarta, sedangkan perwakilan dari Program Studi Entomologi diwakili oleh Dr. Pudjianto.

PDF Download

Sidang Tesis: Magister P.S PHT a.n Fathan Hadyan Rizk

Tahapan terakhir sebelum diselenggarakanya wisuda bagi mahasiswa di Institut Pertanian Bogor, baik program sarjana sampai program pascasarjana adalah prosesi sidang. Bagi mahasiswa program pascasarjana S2 prosesi sidang tesis menentukan lulus tidaknya mahasiswa tersebut, maka proses sidang ini sangat menentukan nasib mereka. Pada segmen ini akan diberitakan mengenai sidang tesis mahasiswa pascasarjana yang ada di Departemen Proteksi Tanaman IPB.

Segmen ini adalah liputan tentang sidang mahasiswa program studi Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang bernama Fathan Hadyan Rizky, sidang dilaksanakan pada tanggal 02 Januari 2020, bertempat di Ruang Sidang 1 - Departemen proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian – IPB.

Mahasiswa pascasarjana yang menjadi calon Master ini merupakan mahasiswa yang berada dibawah komisi pembimbing Dr. Nina Maryana, M.Si, Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc, Dosen yang bertindak sebagai penguji luar komisi adalah Dr. Dra. Dewi Sartiami, M.Si, selain itu Prof. Dr. Ir. Supramana, M.Si bertindak sebagai perwakilan program studi PHT. Sdr Fathan Hadyan Rizky menyampaikan hasil penelitian tesisnya yang berjudul ”Pemanfaatan Tanaman Refugia pada Pertanaman Padi di Desa Besur , Lamongan Jawa Timur”.

Tesis sdr Fathan Hadyan Rizky ini meneliti tentang manfaat dan pengaruh tanaman refugia yang berada di pertanaman padi.

PDF Download

Recent Events

FGD: Respon Cepat Invasi Spodoptera frugiperda

15 July 2019

Bogor

Southeast Asia Plant Protection Conference 2019

14 August 2019

Bogor